Resmi Jadi Kepala BNPB Baru, Doni Monardo Akui Masih Harus Belajar Soal Penanganan Bencana
Nasional

Letjen Doni Monardo telah resmi menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana menggantikan Laksda Willem Rampangilei.

WowKeren - Serah terima jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah dilaksanakan pada Rabu (9/1) sore kemarin di Gedung Graha BNPB, Mataraman, Jakarta Timur. Dalam acara tersebut, Kepala BNPB lama, Laksda TNI Willem Rampangilei, menyerahkan jabatannya kepada Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Dalam sambutannya, Doni mengaku ini adalah kali pertama ia memimpin lembaga setingkat kementerian di luar struktur TNI. Diketahui, Letjen Doni sebelumnya juga sempat bekerja di luar struktur TNI.

Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Namun karena masih ada kaitannya dengan pertahanan, Letjen Doni menganggap pekerjaan di Wantannas mirip dengan TNI.

"Secara organisasi tentu ini pertama kali bertugas di lembaga setingkat kementerian di luar struktur TNI," ujar Doni di Gedung Graha BNPB pada 9 Januari 2019. "Walaupun di Wantannas di luar struktur TNI, tapi karena ketahanan jadi mirip."


Letjen Doni juga menjelaskan bahwa dirinya memang sudah beberapa kali membantu penanggulangan bencana. Salah satunya adalah bencana tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam.

Meski demikian, Letjen Doni mengaku bahwa hal tersebut tidak cukup. Letjen Doni menuturkan dirinya masih perlu belajar lebih banyak di BNPB.

"Di luar itu, belajar kepada prajurit pasukan khusus kemanusiaan BNPB. Saya tidak ada apa-apanya dengan jumlah yang 500 orang harus tangani begitu banyak persoalan," jelas Letjen Doni. "Saya butuh waktu mendalami lebih jauh tentang semua kegiatan operasional terutama penanganan bencana di NTB, Sulteng, Banten, dan lampung termasuk di Cisolok."

Sebelum acara serah terima jabatan tersebut, Letjen Doni telah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Prosesi pelantikan tersebut berlangsung pada Rabu (9/1) pagi sekitar pukul 09.05 WIB.

Letjen Doni menghadiri prosesi pelantikan dengan mengenakan setelan jas dan peci berwarna hitam. Kepala BNPB baru tersebut dilantik dengan Surat Keputusan Presiden No 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru