Kalahkan Semarang dan Tangsel, Surabaya Kembali Raih Peringkat Pertama Kota Cerdas
Twitter
Nasional

Surabaya berhasil menduduki peringkat pertama sebagai kota cerdas dengan perolehan skor 67,03.

WowKeren - Selama masa kerjanya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini tak henti-hentinya mengharumkan nama Surabaya dengan berbagai perolehan penghargaan. Pada Rabu (9/1) Kota Pahlawan kembali mengukir prestasi dengan menduduki peringkat pertama Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 untuk kategori metropolitan. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kompas kepada wanita yang akrab disapa Risma itu.

"Ya, Surabaya menjadi juara pertama di Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser dilansir detikcom pada Rabu (9/1). Ini tadi baru diserahkan."

Ternyata tak hanya menerima penghargaan, di hadapan para hadirin, Risma juga diminta untuk memberi penjelasan terkait hal-hal yang perlu dilakukan untuk meraih predikat kota cerdas di Indonesia. Hal ini mengingat Surabaya telah berturut-turut menjadi juara kota cerdas.

"Tadi ibu juga memaparkan," ungkap Fikser. "Bagaimana Surabaya bisa berturut-turut meraih juara kota cerdas bagi kepala daerah lainnya untuk belajar."

Surabaya berhasil menduduki peringkat satu dengan perolehan skor 67,03. Angka ini mengungguli Semarang yang berada di angka 63.69 dan Tangerang Selatan dengan skor 61,68.


Selain Surabaya, ada tiga kota lainnya yang berhasil meraih juara pertama sebagai kota cerdas. Hal ini mengingat ada empat kategori dalam penilaian tersebut.

IKCI membagi 93 kota otonom se-Indonesia ke dalam empat kategori berdasarkan jumlah penduduknya. Yakni kategori metropolitan (lebih dari 1 juta jiwa), kota besar (300 ribu-1 juta jiwa), kota sedang (100 ribu-500ribu jiwa), dan kota kecil (tak lebih dari 100 ribu jiwa).

Untuk kategori kota besar, Denpasar berhasil menduduki juara pertama dengan perolehan nilai 61,70. Sedangkan penghargaan kota cerdas untuk kategori kota sedang dan kecil masing-masing diberikan pada Manado dan Padang Panjang.

Selain penghargaan bertaraf nasional, Surabaya juga kerap memperoleh pengahrgaan level internasional. Seperti penghargaan Online Popular City yang diterima di Guangzhou belum lama ini.

Beberapa penghargaan lain yang berhasil disabet Surabaya antara lain Lee Kuan Yew World City Prize, Global Green City PBB, Learning City UNESCO dan ASEAN Tourism 2018.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait