Oscar 2019: 4 Nominasi Ini Ternyata Akan Diumumkan Saat Jeda Iklan
Film

Keputusan ini rupanya membuat sejumlah sineas merasa keberatan.

WowKeren - Ajang penghargaan paling bergengsi di industri film, Oscar 2019, siap digelar pada 24 Februari mendatang di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles, California. Semakin mendekati waktu pelaksanaan, tentunya tak heran jika pihak The Academy selaku penyelenggara pun membagikan sejumlah detail pada media.

Bukan hanya mengonfirmasi sejumlah nama selebriti yang bakal menjadi presenter guna menggantikan tugas pemandu acara, The Academy kini memberikan update terkait pengumuman beberapa kategori yang rupanya tak akan disiarkan secara langsung.


Dilansir Mashable pada Selasa (12/2), rupanya pihak Academy mengonfirmasi ada 4 kategori yang akan diumumkan saat jeda iklan berlangsung. Mulai dari Best Cinematography, Film Editing, Live Action Short, serta Make-up and Hairstyling. Meski demikian, pidato dari para pemenang keempat kategori tersebut dipastikan akan disiarkan setelahnya.

Sebenarnya keputusan ini sudah direncanakan sejak bulan Agustus 2018 lalu, namun pihak Academy belum menentukan kategori mana yang akan diumumkan saat jeda iklan. Keputusan ini tentunya berhubungan dengan selang waktu 3 jam yang disiapkan untuk menyiarkan ajang bergengsi ini.

"Seperti yang mungkin Anda ingat, musim panas lalu Dewan Academy berkomitmen untuk menyiarkan pertunjukan selama tiga jam. Namun saya ingin menegaskan kembali, bahwa semua 24 presentasi pemenang Academy Award akan dimasukkan dalam siaran. Kami yakin kami telah memutuskan cara yang bagus untuk melakukan ini, dan pertahankan pertunjukan hingga tiga jam," ungkap Presiden The Academy, John Bailey.

"Sementara masih menghormati pencapaian semua 24 penghargaan di Oscar, empat kategori - Best Cinematography, Film Editing, Live Action Short, serta Make-up and Hairstyling - akan disajikan selama jeda iklan, dengan pidato kemenangan mereka ditayangkan kemudian di siaran," lanjutnya.

Di tahun-tahun berikutnya, pemilihan kategori ini akan dirotasi atau bergantian. Dengan kata lain, keputusan ini berlaku untuk kategori lainnya selain empat kategori yang tidak disiarkan tahun ini. "Di tahun-tahun mendatang, empat hingga enam kategori yang berbeda dapat dipilih untuk rotasi, di kolaborasi dengan produser pertunjukan. Kategori tahun ini akan dibebaskan pada tahun 2020," pungkasnya.

Meski terkesan adil, namun keputusan ini justru menuai protes dari sejumlah sineas. Pasalnya, beberapa di antaranya menilai jika kategori yang tidak disiarkan tahun ini merupakan kategori penting, terutama Best Cinematography. Hal serupa juga diutarakan oleh sutradara "The Shape of Water", Guillermo del Toro.

"Aku tidak akan menyarankan kategori apa yang boleh dipotong selama acara Oscar tetapi - Sinematografi dan Editing menjadi jantung proyek kami. Mereka tidak diwarisi dari tradisi teater atau tradisi sastra: mereka adalah bioskop itu sendiri," cuit sang sutradara.

You can share this post!

Related Posts
Loading...