Tiket Pesawat AirAsia 'Menghilang' dari Situs Agen Perjalanan Online
Nasional

Para traveler mempertanyakan lenyapnya tiket AirAsia di beberapa situs agen perjalanan online besar sepanjang akhir minggu ini.

WowKeren - Tiket maskapai penerbangan AirAsia menghilang dari situs agen perjalanan online (OTA). Para calon penumpang pun lalu diminta untuk mencari tiket di situs resmi AirAsia.

Menanggapi hal tersebut, AirAsia pun buka suara. Direktur Komersial AirAsia, Rifai Taberi, mengaku pihaknya sudah menanyakan perihal tersebut pada OTA terkait.

"Kita itu sebenarnya minggu lalu banyak pelanggan nanyain kok tiket AirAsia enggak ada," tutur Rifai, Minggu (17/2). "Kita coba cek ke OTA, katanya masalah teknik."

Meski demikian, Rifai menduga ada alasan lain terkait lenyapnya tiket AirAsia dari OTA besar seperti Tiket.com dan Traveloka. Ia menduga bahwa ada faktor persaingan bisnis antar maskapai penerbangan yang tidak sehat.

"Tapi kami tahu ini ada alasan bisnis nih," ujar Rifai. "Satu-satu menghilang, tapi di OTA lain masih ada."


Menurut Rifai, sistem AirAsia sendiri tidak mengalami masalah teknis. Sehingga, ia menilai bahwa ada kemungkinan mitra maskapai melakukan penekanan ke OTA, khususnya denga pangsa pasar yang paling besar.

"Kalau itu tergantung dari pangsa pasar, pangsa pasar kita dari OTA cuma dua sampai tiga persen," terang Rifai. "Secara hubungan kerja sama memang sebagai agency, OTA berhak untuk menjual tiket maskapai."

Rifai lantas menjelaskan bahwa pihak AirAsia tidak menentukan hubungan eksklusif dengan OTA tertentu untuk menjual tiketnya. Ia menuturkan bahwa kesepakatan yang dijalin dengan agen perjalanan online maupun konvensional tetaplah sama.

"Kalau kompetitor seperti apa kita selalu deal dengan agen perjalanan, baik konvensional dan online selalu sama," jelas Rifai. "Kami sebagai penjual tiket AirAsia dan kamu juga berhak untuk menjual apapun juga dalam ruang lingkup usahanya."

Sebelumnya, para traveler yang biasa menggunakan jasa AirAsia mempertanyakan lenyapnya tiket maskapai tersebut di Traveloka dan Tiket.com sepanjang akhir minggu ini. Namun ternyata tiket AirAsia sendiri masih bisa ditemukan di beberapa OTA lainnya. Oleh sebab itulah, AirAsia menghimbau agar calon penumpang membeli langsung di situs resmi mereka.

"Mereka kan enggak complain langsung ke kita tapi ke OTA. Jadi kita menjawab complain user ke OTA," terang Rifai. "Kita posting di medsos, silahkan cari tiket pesawat di website AirAsia."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru