Pakar Semiotika Soal Debat Capres Kedua: Jokowi Emosional, Prabowo Cenderung Stabil
Nasional

Beberapa kategori ulasan mengenai emosi, gestur, serta retorika Jokowi dan Prabowo saat tampil dalam debat coba ditafsirkan.

WowKeren - Debat capres kedua yang dilangsungkan pada Minggu (17/2) kemarin mendapatkan reaksi dari banyak pengamat. Mereka berusaha memaparkan arti gestur tubuh serta perkataan yang muncul dari kedua capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Pakar Semiotika dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Acep Iwan Saidi, menyatakan analisanya mengenai gestur dan bahasa yang dikemukakan kedua capres. Acep membaginya dalam lima kategori, termasuk emosi, apresiasi terhadap lawan, gestur tubuh, dan retorika.


Dalam kategori emosi, Acep menilai emosi Prabowo lebih stabil dibandingkan dengan Jokowi yang ia sebut menunjukkan sikap emosional. Prabowo ia sebut tidak memanfaatkan ruang untuk balik mengkritik Jokowi. "Emosional. Nadanya kan sering meninggi. Menyerang personal Prabowo juga," terang Acep seperti dilansir CNN Indonesia pada Selasa (19/2).

Mengenai kategori apresiasi terhadap lawan, Acep menjelaskan jika Jokowi tak pernah mengapresiasi Prabowo. Sementara Prabowo disebut tak ragu mengapresiasi capaian Jokowi.

Untuk kategori gestur, Acep menjelaskan beberapa hal. Ia menangkap gestur kurang baik yang dilakukan oleh Jokowi, yakni menepiskan tangan saat Prabowo sedang berbicara. Jokowi juga sempat terlihat menggeleng-gelengkan kepalanya menanggapi pernyataan Prabowo mengenai dirinya. "Tanda indeksikal dari sikap menyepelekan lawan bicara," lanjut Acep.

Masih dalam kategori yang sama, Acep menjelaskan perihal gestur tubuh Prabowo yang dinilai tidak memerhatikan apa yang disampaikan Jokowi. Prabowo juga teramati berusaha meyakinkan penonton bahwa apa yang ia ucapkan adalah benar dengan menunjukkan gestur mengangkat tangannya.

Pada kategori retorika, Acep menjelaskan jika Jokowi lebih banyak menggunakan kata-kata untuk menjatuhkan lawannya. Sementara itu, Prabowo dinilai Acep lebih cenderung mengulang-ulang apa yang disampaikan.

Debat capres kedua ini dilangsungkan di Hotel Sultan pada Minggu (17/2) kemarin. Tema yang diusungn dalam debat adalah mengenai energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Ada beberapa momen yang berhasil menjadi sorotan usai debat capres kedua berlangsung. Di antaranya adalah mengenai dugaan Jokowi menyerang Prabowo secara personal soal kepemilikan lahan. Selain itu, tudingan Jokowi yang memakai earpiece sebagai alat komunikasi juga tak kalah ramai diperbincangkan.

You can share this post!

Related Posts