Langganan Tiap Tahun, Jokowi Minta Gubernur Riau yang Baru Dilantik Atasi Kebakaran Hutan
Twitter/setkabgoid
Nasional

Syamsuar juga menyampaikan bahwa dirinya akan segera melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Riau untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo melantik Syamsuar-Edy Natar Nasution menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2). Keduanya merupakan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dari Pilkada serentak 2018 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan pesan pada Syamsuar dan Edy untuk fokus mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. Syamsuar mengatakan bahwa ia akan siap menjalankan pesan dari orang nomor 1 di Indonesia tersebut.

"Tentunya ada pesan dari presiden karena Bapak Presiden punya perhatian sangat besar terhadap Karhutla," ujar Syamsuar. "Karena dengan adanya itu (status siaga darurat), kita bisa memanfaatkan anggaran sekaligus juga bertindak cepat antisipasi kebakaran hutan."


Syamsuar juga menyampaikan bahwa dirinya akan segera melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Riau untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Apalagi saat ini tengah terjadi musim kemarau di beberapa daerah.

"Kami akan turun ke semua kabupaten dan kota bersama Forkopimda dan BPDP, agar masyarakat kita lebih dini tahu pentingnya menghadapi kekeringan, yang kita khawatirkan adalah kebakaran hutan dan lahan," kata Syamsuar. Ia berharap kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau ini tidak sampai menimbulkan bencana kabut asap yang mengganggu aktivitas dan perekonomian warga.

Kebakaran hutan dan lahan di Riau tergolong cukup parah. Pada 2015, luas area yang terbakar mencapai 5.595 hektar. Kebakaran tersebut sempat menyebabkan perekonomian Riau lumpuh, sekolah diliburkan, bandar udara ditutup hingga berdampak juga pada negara tetangga, Singapura.

Pada 2016, angka tersebut menurun menjadi 2.348 hektar. Kemudian 1.052 hektar pada 2017. Sementara 2018 lalu, terdapat sekitar 1. 600 hektar lebih lahan yang terbakar. Di awal tahun 2019, sudah ada 108,5 hektar yang terbakar.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait