Jokowi Tanggapi Soal 191.000 Km Jalan Desa: Kalau Sangsi Silahkan Ukur Sendiri
Instagram/jokowi
Nasional

Angka sepanjang itu bukan hal yang mustahil untuk dicapai mengingat pemerintah memang gencar membangun infrastruktur selama 4 tahun terakhir.

WowKeren - Kritik terhadap pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah memang tak ada habisnya. Belum lama ini, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak kembali mengomentari pernyataan Capres 01 Joko Widodo alias Jokowi di debat kedua.

Jokowi mengklaim bahwa pemerintah telah berhasil membangun jalan desa sepanjang 191.000 km. Dahnil menilai bahwa pernyataan tersebut merupakan suatu kebohongan. Sindiran itu diungkapkan Dahnil lewat cuitan di akun Twitter miliknya.

Dahnil meragukan Jokowi telah membangun jalan sepanjang itu. Sebab, itu sama artinya dengan 4,8 kali keliling bumi. Terkait hal ini, Jokowi akhirnya angkat bicara. Menurut presiden, angka tersebut sudah sesuai dengan catatan pembangunan selama ini.

Sebab, pemerintah selama empat tahun terakhir memang memfokuskan pembangunan ke bidang infrastruktur. Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun 2019 di Ecovention Ocean Ecopark Ancol.

"Kalau, ini kan kita sudah 4 tahun lebih banyak konsen ke infrastruktur," kata Jokowi di Jakarta Utara, Rabu (20/2). "Catatan saya sampai akhir 2018 kemarin telah dibangun 191 ribu km jalan desa."


Mengingat lamanya pembangunan infrastruktur berjalan, maka tak heran jika jalan desa yang dibangun sudah sepanjang itu. Pembangunan itu, dikatakan Jokowi, dilakukan di 74.900 desa di seluruh Indonesia. Artinya jika di rata-rata, maka setiap desa hanya dibangun jalan sepanjang 600 meter. Jadi, bukan suatu hal yang mustahil untuk dicapai.

"Ada yang tanya nggak mungkin 191 ribu, itu panjang banget," lanjut Jokowi. "Panjang gimana? Kalau itu dikerjakan 4 tahun untuk 74.900 desa artinya per desa hanya 600 meter."

Jokowi menekankan bahwa dari dana desa yang telah diberikan, tidak semuanya digunakan untuk membangun jalan. Ada yang dialokasikan untuk pasar desa, PAUD, jembatan, dan bahkan pembuatan unit irigasi.

"Setiap desa tidak hanya bangun jalan," tutur Jokowi. "Ada PAUD, pasar desa, dan lain-lain. Irigasi saja sudah diselesaikan 58 ribu unit irigasi, 8.900 pasar desa. 24.000 pasar desa. 1,1 juta meter jembatan. Artinya ini jadi barang."

Jika ada pihak yang masih meragukan capaian tersebut, Jokowi mempersilahkan untuk membuktikannya sendiri. Kalau ada yang sangsikan 191 ribu km tidak mungkin, ya silakan ukur sendiri," imbuh Jokowi.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait