Menteri Luhut Bandingkan Puisi Neno Warisman Dengan Omongan Gus Dur: Tuhan Tak Perlu Dilindungi
Nasional

Tokoh NU bernama Taufik Damas juga menyayangkan puisi Neno yang disebut tidak pernah belajar tauhid dengan baik dan benar.

WowKeren - Aksi baca puisi Neno Warisman dalam acara Munajat 212 yang digelar pada Kamis (21/2) kemarin menjadi perbincangan panas. Banyak netizen memperdebatkan isi dari puisi yang dibacakan mantan penyanyi dan bintang film era 1980-an itu.

Salah satu bait puisi yang dibacakan Neno membahas soal kemenangan dan kekhawatiran. Dalam cuplikan video pembacaan puisinya yang menjadi viral berhasil mengundang perhatian netizen. Sampai-sampai netizen menggaungkan tagar #2019GantiTuhan.


Mendapatkan sejumlah tanggapan dari tokoh nasional, aksi baca puisi Neno ini juga turut mendapatkan respon dari Menteri Menteri Koordinator Bidang Kemaritaman, Luhut Binsar Panjaitan. Luhut membandingkan isi puisi Neno dengan perkataan mantan Presiden Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Luhut berpendapat jika isi puisi Neno tersebut seolah-olah memberikan ancaman kepada Tuhan. Padahal, berdasarkan ucapan Gus Dur yang pernah ia dengar, Tuhan tak perlu dilindungi.

"Jangan berdoa ngancam tuhan, lagi saya pikir enggak benar itu, kok Tuhan diancam," terang Luhut dalam acara Mengapa Harus Memilih seperti dikutip dari CNN Indonesia pada Sabtu (23/2). "Itu dulu saya tuh pernah bicara dengan pak Gus Dur 'Pak Luhut Tuhan tuh enggak perlu dilindungi, yang perlu dilindungi adalah kita' itu Gus Dur yang ngomong, saya sahabat sama beliau."

Senada dengan Luhut, Tokoh Muda Nadhathul Ulama (NU), Taufik Dimas, turut menyampaikan pendapatnya. Taufik menilai Neno sepertinya tidak pernah belajar ilmu tauhid dengan baik dan benar. Ia turut menyayangkan puisi wanita yang tergabung sebagai aktivis #2019GantiPresiden itu.

"Mengancam Tuhan, itu karena dia tidak pernah belajar tauhid dengan baik dan benar. Kalau orang belajar tauhid dengan benar dia tidak mungkin," terang Taufik dalam acara yang sama. "Bagaimana mungkin kita yang lemah ini mengancam Tuhan? Tuhan itu tidak disembah oleh seluruh umat manusia pun tidak rugi."

Seperti yang diketahui, cuplikan video saat Neno Warisman membacakan puisi di acara Munajat 212 menjadi viral. Berikut salah satu penggalan puisi Neno, "...Jangan, jangan Engkau tinggalkan kami dan menangkan kami. Karena jika Engkau tidak menangkan. Kami khawatir ya Allah. Kami khawatir ya Allah tak ada lagi yang menyembah-Mu...."

You can share this post!

Related Posts