4 Ruas Tol Siap Beroperasi Tahun Ini, Menteri Basuki Optimis Trans Sumatera Selesai Pada 2024
Nasional

Dua dari empat ruas tol tersebut sudah ada yang mengantongi Sertifikat Laik Operasi.

WowKeren - Komitmen pemerintah untuk membangun infrastruktur nusantara bukan hanya isapan jempol belaka. Tak hanya di sepanjang Pulau Jawa, pembangunan jalan tol juga dilakukan di pulau Sumatera.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Trans Sumatera selesai pada 2024 mendatang. Tol tersebut akan tersambung dari Bakauheni hingga Banda Aceh sepanjang 2.000 kilometer. Target itu didasarkan pada capaian pemerintah selama empat tahun terakhir dalam pembangunan.

"Jika melihat capaian selama empat tahun terakhir." kata Basuki dilansir dari Tribunnews pada Kamis (28/2). "Maka Tol Trans Sumatera dari Bakaheuni sampai Banda Aceh dengan panjang sekitar 2000 km, akan tersambung secara bertahap hingga tahun 2024."

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menargetkan bahwa empat ruas jalan tol akan bisa dioperasikan pada pertengahan 2019 ini. Empat ruas tersebut yakni Bakauheni-Terbanggi Besar (140,93 km), Medan–Binjai (Segmen Helvetia–Veteran) (2,75 km), Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi Seksi 7 (9,1 km), dan Terbanggi Besar– Pematang Panggang–Kayu Agung (189,2 km).


Dua empat ruas tersebut sudah ada dua jalan tol yang mendapat Sertifikat Laik Operasi. "Dua di antaranya sudah mengantongi Sertifikat Laik Operasi yaitu Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7," kata Danang.

Danang mengatakan saat ini, Jalan Tol Medan-Binjai masih menunggu proses untuk penerbitan Sertifikat Laik Operasi. Sedangkan untuk ruas terakhir sisanya masih dalam tahap penyelesaian konstruksi.

"Sedangkan untuk Jalan Tol Medan-Binjai (Segmen Helvetia-Veteran) masih dalam proses penerbitan Sertifikat Laik Operasi di Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR," terang Danang. "Dan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dalam proses penyelesaian konstruksi."

Masing-masing ruas jalan tol tersebut memiliki sejumlah seksi. Beberapa ruas diantaranya ada yang sudah mulai dioperasikan.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terdiri dari empat seksi. Adapun segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni sepanjang 8,9 km sudah dioperasikan sejak awal 2018 lalu. Kemudian, Jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 16,73 km terdiri dari 3 seksi. Seksi 3 ruas Semayang-Binjai sepanjang 4,28 km sudah beroperasi sejak Oktober 2018 lalu.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait