Sri Mulyani Kembali Jadi Menkeu Terbaik se-Asia Pasifik, Sukses Sabet Gelar 3 Tahun Berturut-turut
Nasional

Menteri Keuangan Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik Tahun 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia. Gelar ini dipegang oleh Sri Mulyani sejak 2017.

WowKeren - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik Tahun 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia. Gelar ini telah dipegang Sri Mulyani selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2017.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti, majalah FinanceAsia menilai Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Tercatat, defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir terjadi pada 2018 (1,7 persen dari Produk Domestik Bruto).

"Melalui program Amnesti Pajak yang diluncurkan pada tahun 2016-2017, Menkeu Sri Mulyani juga berhasil meningkatkan kepatuhan pajak (tax compliance)," ungkap Nufransa dilansir detik Finance pada Kamis (4/4). "Yang pada akhirnya berhasil meningkatkan penerimaan perpajakan."

Tak hanya itu, Sri Mulyani juga sukses mengantarkan Indonesia sebagai negara Asia pertama yang menjual green bonds melalui Global Green Sukuk. Green bonds merupakan surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan yang terjual hingga USD 1,25 miliar.


"Selain itu, di tengah pelemahan nilai tukar seiring perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok," lanjut Nufransa. "Pemerintah bersama Bank Indonesia juga dinilai berhasil menjaga stabilitas nilai tukar rupiah."

Diketahui, majalah FinanceAsia mengeluarkan penilaian kinerja para Menteri Keuangan di kawasan Asia Pasifik. Penilaian tersebut dilakukan dengan melihat bagaimana para Menkeu mengelola keuangan negara dalam jangka waktu satu tahun. Apalagi tengah terjadi ketidakpastian kondisi ekonomi serta geopolitik global.

Sementara itu, majalah FinanceAsia juga telah merilis nama Menkeu terbaik lainnya. Di bawah Sri Mulyani pada peringkat dua ada Carlos Dominguez dari Filipina

Lalu peringkat ketiga dipegang oleh Heng Swee Keat dari Singapura. Peringkat keempat disabet oleh Josh Frydenberg dari Australia. Sementara peringkat lima jatuh pada Paul Chan dari Hong Kong. Dan peringkat enam dipegang oleh Piyush Goyal dari India.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait