MRT Jakarta Baru Beroperasi Komersial 4 Hari, Penumpang Keluhkan Bau Pesing dalam Kereta
Nasional

MRT Jakarta baru resmi beroperasi secara komersial pada Senin (1/4) kemarin. Meski demikian, penumpang telah mengeluhkan adanya bau pesing yang tercium di dalam kereta.

WowKeren - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta baru resmi beroperasi secara komersial pada Senin (1/4) kemarin. Meski demikian, penumpang telah mengeluhkan adanya bau pesing yang tercium di dalam kereta.

"Tadi saya sempat masuk ke MRT kok pesing ya. Kayaknya ada yang pipis ya, anaknya mungkin di situ enggak tahan. Di dalam keretanya (bau pesing)," tutur salah seorang penumpang bernama Linda Christine dilansir Liputan6.com pada Kamis (4/4). "Aduh, saya sampai bilang masih baru sudah pesing begini. Harusnya kita lebih sadarlah. Jangan sampai (dikotori)."

Linda pun menjelaskan bahwa setiap stasiun sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet. Sehingga penumpang yang ingin buang air dapat melakukannya sebelum naik ke MRT.

"Di stasiun ada toilet bagus banget," jelas Linda. "Jangan buang air besar, air kecil di tempat yang tidak layak, tidak pantas."

Diketahui, Linda merupakan seorang anggota organisasi internasional bernama Lions Club. Bersama organisasi tersebut, Linda sengaja memungut sampah yang berserakan di beberapa stasiun MRT.


Hal tersebut dilakukan usai mereka melihat adanya tumpukan sampah di Stasiun Bundaran HI yang viral di media sosial. Linda juga mensosialisasikan gerakan sadar lingkungan kepada para penumpang MRT lainnya.

"Ada (sampah). Masih dibuang sembarangan, botol-botol," jelas Linda. "Tapi ada yang sadar, mereka pas lihat kita 'Bu ini untuk sampah, ya, akhirnya masuk (dibuang) ke sini (dalam kantong plastik)."

Kesadaran masyarakat memang sangat diharapkan untuk menjaga fasilitas baru tersebut. Oleh sebab itu, Linda berharap agar warga Jakarta mau bekerja sama.

"Saya berharap jangan sampai MRT itu nanti kayak di bus-bus, dicoret. Itu kan kepentingan umum tolong dijaga aja. Kita beruntung ada MRT. Dan harus dijaga bersama-sama. Sayang kalau enggak dijaga," terang Linda. "Saya meminta agar warga Jakarta lebih sadar soal kebersihan dan cinta lingkungan. Supaya kita menjaga MRT supaya jangan dikotori, supaya terawat."

Di sisi lain, PT MRT Jakarta memang tidak menyediakan tempat sampah di dalam stasiun. Pasalnya, menurut Direktur PT MRT, apabila disediakan tempat sampah, maka para penumpang cenderung akan makan di dalam stasiun.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait