Waspada Cacar Monyet dari Singapura, Pemerintah Perkuat Perbatasan di Batam
Nasional

Virus monkeypox atau yang lebih dikenal dengan istilah cacar monyet ditemukan di Singapura. Pemerintah melakukan langkah pencegahan mengingat negara itu berbatasan langsung dengan Indonesia.

WowKeren - Kemunculan virus cacar monyet di Singapura membuat pemerintah Indonesia bergegas untuk mengambil langkah preventif. Pasalnya, Singapura merupakan negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan bahwa pihaknya telah memaksimalkan alat pendeteki suhu tubuh manusia baik di pelabuhan maupun bandara. Dengan begitu, pihak bandara maupun pelabuhan bisa mendeteksi penumpang yang menderita demam, mengingat salah satu gejala cacar monyet atau monkeypox ini adalah demam.

"Kalau di semua pelabuhan kami punya kantor kesehatan pelabuhan. Jadi artinya kami perlu karantina," kata Nila di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/5). "Di Soekarno-Hatta kami ada. Bentuknya screening demam, temperatur, seperti CCTV gitu. Jadi kalau anda demam dan lewat situ, kamu gambarnya jadi merah-merah."

Adapun virus ini tak hanya ditularkan oleh monyet namun juga melalui tikus. Penyakit ini pada mulanya berasal dari Afrika kemudian saat ini sudah sampai ke Singapura. Oleh sebab itu, fenomena ini cukup membuat pemerintah khawatir mengingat Singapura sangat dekat dengan Indonesia.


Untuk itu, pemerintah perlu memperkuat pintu perbatasan di Batam yang merupakan pintu keluar masuk antara Indonesia dan Singapura. "Pintu masuk utama dari Singapura, kami perkuat dalam hal ini," ujar Nila.

Selain melakukan langkah preventif, Nila meminta agar masyarakat lebih rajin menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri sendiri bisa dimulai hal-hal sederhana seperti cuci tangan sebelum makan dan memakai masker.

"Bukan hanya lingkungan aja tapi diri sendiri, cuci tangan sebelum makan dan sebagainya," tutur Nila. "Kalau kita batuk-batuk pakai masker dong, kan sederhana tapi kita tidak menularkan kepada yang lain."

Cacar monyet pada dasarnya tidak mudah menular antar manusia. Manusia bisa tertular virus cacar ini ketika melakukan kontak langsung dengan cairan hewan yang sudah terjangkit virus. Misalnya dari darah, cairan tubuh, maupun lesi pada kulit. Selain itu, mengkonsumsi daging hewan yang sudah terkontaminasi dengan cacar ini juga bisa menjadi media penularan monkeypox.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait