Polda Metro Jaya Pastikan Jakarta Sudah Kondusif Pasca Kericuhan 22 Mei
ABC
Nasional
Aksi Massa 22 Mei 2019

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan masyarakat akan terus menjaga agar situasi di ibu kota tetap kondusif sehingga warga bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

WowKeren - Kerusuhan yang pecah sejak Selasa (21/5) malam hingga Kamis (23/5) menyebabkan kerugian bagi banyak pihak. Tak sedikit warga yang terkena imbas aksi ini sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Meski demikian, Polda Metro Jaya memastikan bahwa situasi di Jakarta saat ini sudah kondusif. "Ya, alhamdulillah kondusif, ya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di depan Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (24/5).


Eddy menuturkan bahwa aparat keamanan dibantu dengan warga Jakarta terus menjaga agar situasi tetap kondusif. Sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas. "Kami beserta seluruh warga Ibu Kota juga menjaga iklim kondusif dari kemarin, hari ini, dan selanjutnya," tutur Eddy.

Situasi di sekitar Gedung Bawaslu saat ini terlihat aman. Begitu juga dengan lalu lintas di sekitar Tanah Abang. Meski demikian, aparat keamanan masih terus disiagakan di sepanjang Jalan M.H. Thamrin. Bahkan mereka telah menambahkan kawat berduri di sejumlah lokasi seperti di samping pusat perbelanjaan Sarinah dan sepanjang jalur Busway Transjakarta.

Kerusuhan yang pecah setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada Selasa (21/5) dini hari dianggap cukup meresahkan. Meski calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sudah menyerukan para pendukungnya untuk menyudahi aksi mereka, namun nyatanya masih ada pihak-pihak yang berbuat kerusuhan.

Sejumlah elite politik meyakini bahwa aksi ini didalangi oleh pihak yang memang ingin berbuat kerusuhan. Polisi juga telah berhasil mengamankan orang-orang yang berperan sebagai provokator dalam aksi tersebut.

Aksi kerusuhan 22 Mei juga menyebabkan lumpuhnya kegiatan angkutan di sekitar wilayah tersebut termasuk Transjakarta. Meski demikian, sejak Kamis (23/5), armada Transjakarta sudah mulai beroperasi kembali meski belum sepenuhnya. "Belum sepenuhnya normal. Tapi sudah lebih pulih dibandingkan kemarin,” ujar Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Daud Joseph dilansir dari Jawa Pos pada Jumat (24/5).

You can share this post!

Related Posts
Loading...