Dipindahkan ke Rutan Khusus Teroris, Sel Napi Koruptor Setya Novanto Dipantau CCTV
Twitter/sn_setyanovanto
Nasional

Rutan Gunung Sindur mayoritas diisi oleh narapidana kasus teroris sehingga pengamanan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Apalagi, usai adanya kerusuhan di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

WowKeren - Setya Novanto dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur setelah kedapatan pelesiran ke toko bangunan mewah di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kepala Rutan (Karutan) Gunung Sindur, Agus Salim mengatakan bahwa sel yang ditempati Novanto dipantau kamera pengintai atau CCTV.

"Ini kan rutan high risk, ada 350 CCTV untuk pengamanan," ujarnya, Senin (17/6) seperti yang dilansir dari antara. "Ini kan one man one cell. Jadi setiap sel ada (CCTV). Itu sudah hampir satu tahun lima bulan."

Rutan Gunung Sindur mayoritas diisi oleh narapidana kasus teroris sehingga pengamanan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Apalagi, usai adanya kerusuhan di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Usai kejadian tersebut, Agus mengaku berinisiatif memasang CCTV di seluruh sel Rutan Gunung sindur. Menurutnya, hanya beberapa rutan yang difasilitasi CCTV.


"Kalau ada gerak-gerik yang mencurigakan itu ketahuan," tutur Agus. "Kalau melakukan hal-hal aneh itu banyak. Karena yang namanya teroris itu raja bohong."

Sementara itu, Direktur Pembinaan Napi dan Latihan Kerja Produksi Ditjen Pas Kemenkumham, Yunaedi menyebut Novanto kabur dari rumah sakit tanpa seizin petugas yang mengawalnya. Sebelumnya, Bovanto sempat mengeluhkan sakit sehingga direkomendasikan untuk dirawat di RS Sentosa.

"Pada hari Jumatnya saja, beliau dirawat dilantai 8 kamar 851, pamit kepada pengawal untuk menyelesaikan pembayaran administrasi biaya perawatan RS di lantai 3," tutur Yunaedi. "Beliau ada di kursi roda, didampingi oleh keluarganya."

Petugas kemudian melakukan pengecekan setelah sampai di lantai 3, namun ternyata Novanto tidak berada di lokasi. Novanto diketahui meninggalkan RS. Petugas kemudian melaporkan kepada Kalapas, Kadiv, dan Kakanwil.

Foto-foto Novanto saat berada di luar tahanan menjadi viral di media sosial. Hal tersebut membuat Novanto langsung dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur. "Tindakan yang sudah pertama saya ambil itu memindahkan dia malam ini," ungkap Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Liberty Sitinjak, Jumat (14/6).

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel