Imbas Harga Anjlok, Peternak di Blitar Nekat Jual Ayam Hidup Hanya Rp 25.000/3 Kg
Nasional

Para peternak mengeluhkan harga ayam yang anjlok. Ayam hidup hanya dihargai Rp 8.000/kg. Padahal, harga ayam potong di pasaran masih berada di kisaran Rp 22.000/kg.

WowKeren - Seorang peternak ayam di Kabupaten Blitar nekat menjual ayamnya dengan harga yang sangat murah. Adalah Yuli, yang menjual ayam hidup seharga Rp 25 ribu untuk setiap 3 kilogram-nya.

Harga tersebut jauh lebih murah dibanding yang ada di pasaran. Sebab di pasar tradisional, ayam potong dijual pada kisaran harga Rp 22 ribu per kilogram.

Hal itu dilakukan oleh Yuli sebagai tanggapan atas anjloknya harga ayam. Menurutnya, harga jual ayam di pasaran jauh lebih tinggi daripada saat ayam tersebut pertama kali didapat dari tangan pedagang. Ia tak tahu harus mengadukan hal semacam ini pada siapa.

"Ajor (hancur) mbak. Rego pitek ajor (harga ayam hancur), dari peternak hanya Rp 8 ribu/kg," kata Yuli dilansir dari Detik, Selasa (25/6). "Padahal di pasar masih di atas Rp 20 ribu/kg. Aku kudu lapor sopo ngene iki (Aku harus lapor siapa ini)?"


Selain mengobral harga ayam, Yuli juga memasang sejumlah karton yang bertuliskan keluhan-keluhannya. Beberapa di antaranya bertuliskan "Omah lan bojo amblas mergo pitek" (Rumah dan istri hilang karena ayam) dan "Save Peternak Mblitar".

Anjloknya harga ayam tak hanya dirasakan oleh Yuli, namun juga Irul, peternak asal Gurem. Harga jual ayamnya hanya Rp 8 ribu per kilogram. Namun, ia mengaku tidak seberapa merugi akibat anjloknya harga ayam. Sebab, ia tergabung dalam kemitraan sehingga fluktuasi harga tak memberikan dampak langsung ke usahanya. Ia justru merasa kasihan dengan para peternak mandiri.

"Kalau kemitraan gak pengaruh ya. Karena bibit ayam, pakan, obat semua disediakan integrator," tutur Irul masih dilansir dari Detik. "Yang kasihan teman-teman peternak mandiri ini. Harga kuthuk (bibit ayamnya) saja sudah Rp 6.500 per ekor, belum lagi harga pakan. Banyak yang kolaps mereka."

Protes anjloknya harga ayam juga terjadi di Yogyakarta. Hal itu dilakukan dengan membagi-bagikan 5.800 ekor ayam kepada masyarakat. Pembagian ayam gratis tersebut melibatkan sekitar 80-100 peternak ayam di Yogyakarta.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru