Siap-Siap! Jokowi Bakal Rombak Sistem Kerja PNS Tak Lagi Seperti 'Zona Nyaman'
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional

Presiden Joko Widodo menginginkan agar ke depannya Indonesia bisa lebih kompetitif menyambut persaingan global yang kian sengit, salah satunya dengan peningkatan mutu SDM.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tak terus-terusan terlena bekerja di zona nyaman. Hal tersebut disampaikan olehnya saat menggelar pidato visi pembangunan Indonesia 2019-2024.

Jokowi ingin agar ASN bisa berubah. ASN harus mampu menjawab tantangan reformasi birokrasi sehingga penyakit semacam zona nyaman harus dihilangkan dari sekarang. Untuk itu, perlu membangun nilai-nilai baru untuk menghadirkan angin baru untuk menyukseskan reformasi birokrasi.


"Kita juga tidak ingin ada lagi pola kerja yang linier, yang hanya rutinitas. Yang monoton yang begitu-begitu saja. Tidak ada lagi kerja di zona yang nyaman," kata Jokowi di Sentul, Bogor, Minggu (14/7). "Penyakit kita ada di situ. Kita harus berubah. Kita harus bangun nilai-nilai baru dalam bekerja."

Untuk ke depannya, persaingan global akan semakin sengit sehingga Indonesia perlu memiliki kualitas sumber daya manusia yang memadai. Dikatakan Jokowi, sumber daya manusia tersebut harus mampu beradaptasi dan terbuka dengan adanya perubahan. Dengan berbekal SDM yang mumpuni, indonesia diharapkan bisa berkembang menjadi negara yang kompetitif dan inovatif.

"Sekali lagi, kita harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, menuntut kita harus cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman," jelas Jokowi. "Maka kita harus terus membangun Indonesia yang adaptif, Indonesia yang produktif, dan Indonesia yang inovatif, Indonesia yang kompetitif."

Selain menyinggung sistem kerja ASN, Jokowi juga menyampaikan sejumlah hal dalam pidato visi pembangunan Indonesia 2019-2024. Misalnya terkait pembangunan infrastruktur. Di periode kedua pemerintahannya, Jokowi akan lebih getol membangun infrastruktur. Ia berharap agar dampak pembangunan bisa dirasakan secara menyeluruh hingga ke pelosok oleh seluruh rakyat.

You can share this post!

Related Posts
Loading...