Peduli Soal Perlindungan Anak, KPAI Beri Penghargaan Untuk Megawati dan SBY
Twitter/SBYudhoyono
Nasional

Mereka menilai Megawati sebagai figur yang berjasa besar dalam memelopori terbentuknya KPAI. Sementara SBY dinilai berjasa dalam meluncurkan kebijakan-kebijakan terkait perlindungan anak.

WowKeren - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) baru saja memberikan penghargaan khusus kepada dua tokoh nasional. Mereka adalah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). KPAI menilai kedua figur tersebut berjasa besar dalam terselenggaranya upaya perlindungan anak di Indonesia.

Ketua KPAI Susanto menyebut Megawati merupakan salah satu sosok yang berjasa besar dalam berdirinya KPAI. Sebab Keppres 77/2003 tentang KPAI-lah yang menjadi landasan pertama berdirinya KPAI di Tanah Air.

Sementara itu, ujar Susanto, SBY berjasa dalam menerbitkan sejumlah kebijakan strategis terkait perlindungan anak. Seperti Inpres Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak (GN AKSA). Tak hanya itu, SBY juga menggagas berdirinya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta menerbitkan UU No. 11/2012 tentang Sistem Pidana Anak.

"Kami merasakan apa yang dicetuskan keduanya memiliki dampak luar biasa bagi kemajuan terselenggaranya perlindungan anak di Indonesia," katanya saat memberi sambutan di Anugerah KPAI 2019, MNC Conference Hall, INews Tower, Jakarta. "Mudah-mudahan anugerah ini memberikan inspirasi sekaligus menjadi pemacu dan pemicu pemajuan kualitas perlindungan anak."


Apresiasi ini, menurut Susanto, dapat menginspirasi praktik serupa oleh instansi atau pihak lain. Seperti rumah sakit yang memiliki kepedulian terhadap pelayanan anak menginspirasi rumah sakit lain agar membuat inovasi yang lebih baik.

"Kami perlu sampaikan apresiasi ini karena dampaknya luar biasa bagi perlindungan anak," jelasnya, dilansir dari laman Sindo News, Senin (22/7). "(Baik) di tingkat pusat dan daerah."

Menanggapi penghargaan tersebut, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mewakili ayahnya menyebut penghargaan ini adalah tanda bahwa segala upaya dan perjuangan SBY selama memimpin diapresiasi dengan baik. Ia menilai SBY sudah berusaha untuk meyakinkan bahwa negara selalu hadir dalam berbagai isu perlindungan dan hak bagi anak-anak serta perempuan.

"Tentu dengan harapan hari ini dan ke depan perempuan dan anak-anak semakin baik kualitas hidupnya," ujarnya seusai menerima penghargaan tersebut. "Semakin cerdas dan sehat dan siap menjadi generasi bangsa yang siap memajukan Indonesia di masa akan datang."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait