Masih Sering Dimintai Bantuan Saat Dipenjara, Ahok Luncurkan Aplikasi 'Jangkau' Demi Orang Miskin
Instagram/basukibtp
Nasional

Sekretaris Ahok, Ima Mahdiah, menjelaskan bahwa aplikasi bernama 'Jangkau' ini akan menghubungkan antara penyumbang dan orang yang membutuhkan sumbangan.

WowKeren - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, bakal meluncurkan aplikasi bertajuk "Jangkau". Lewat aplikasi ini, Ahok ingin bisa tetap membantu orang miskin meski dirinya kini sudah tak lagi menjadi pejabat.

"Ide timbul dalam masa tahanan, masih menerima banyak surat permintaan bantuan ke saya. Sedangkan saya sudah tidak menjadi pejabat lagi," ungkap Ahok dilansir detikcom pada Sabtu (3/8). "Uang pribadi tidak mungkin membantu banyak orang miskin dan membutuhkan."

Menurut Ahok, dirinya masih bisa membantu orang yang membutuhkan dengan uang operasional dan APBD kala menjadi pejabat. Dengan aplikasi ini, Ahok berharap masyarakat bisa tergugah pada budaya gotong royong. Aplikasi "Jangkau" ini nantinya dikelola oleh yayasan yang didirikan Ahok, Beri Tanpa Pamrih (BTP).

"Dengan aplikasi ini, aku harapkan ada gotong royong dan informasi bagi yang suka membantu dan mau minta bantuan untuk ketemu," terang Ahok. "Aku udah dirikan yayasan Beri Tanpa Pamrih (BTP) untuk menjalankan aplikasi Jangkau."

Basuki Tjahaja Purnama

Twitter


Sementara itu, sekretaris Ahok yang bernama Ima Mahdiah menyebut aplikasi ini akan menghubungkan antara penyumbang dan orang yang butuh sumbangan. Aplikasi "Jangkau" ini sudah didaftarkan di penyedia aplikasi ponsel pintar. Namun, sumbangan yang bisa dikelola lewat aplikasi ini pada masa awal hanya berupa barang saja.

"Jadi di situ ketemunya orang yang mau menyumbang dan orang yang butuh sumbangan. Misal ada orang tua butuh kursi roda atau tongkat," jelas Ima. "Jadi nanti misalnya ada orang yang punya kursi roda tapi sudah tidak dipakai bisa disumbangkan."

Meski demikian, dalam pengembangannya, tak tertutup kemungkinan aplikasi "Jangkau" juga menerima sumbangan berupa uang. Namun saat ini aplikasi besutan Ahok ini masih melayani sumbangan serupa kursi roda, kacamata baca, atau tongkat.

Ahok yang mengumumkan rencana peluncuran aplikasi "Jangkau" di akun Twitter resminya pun ditanggapi oleh banyak warganet. Banyak warganet yang berharap agar aplikasi ini benar-benar bisa membantu orang-orang yang membutuhkan.

"Pak Ahok ngasi unjuk bahwa menjadi pejabat bukan satu - satunya cara utk mengabdi kepada bangsa dan negara," tulis akun @Ma***ja. "Mantap pak, bantuan langsung tertuju bagi yg membutuhkan dengan cepat dan tepat," komentar akun @su***uu. "Mulia ini mengembangkan solidaritas dan sosial lewat aplikasi #JANGKAU Segera terbitkan bosss," timpal akun @Ma***o6.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait