Puluhan WNI yang Terjebak di Bandara Hong Kong Berhasil Dievakuasi
Nasional
Demo Hong Kong

Sejumlah WNI berhasil dievakuasi dari Bandara Internasional Hong Kong yang ditutup sejak Senin (12/8) kemarin. Meski begitu beberapa di antara WNI tersebut masih ada yang memilih untuk bertahan di bandara.

WowKeren - Sejumlah warga Indonesia dilaporkan berhasil dievakuasi dari Bandara Hong Kong yang ditutup sejak Senin (12/8). Penutupan bandara tersebut dilakukan karena adanya demonstrasi yang dilakukan di area sekitar bandara.

Menurut informasi yang diperoleh dari Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyebutkan jika Konsulat Jendral di Hong Kong kemarin telah menyisir keberadaan WNI di bandara tersebut. Satuan tugas yang dipimpin oleh Plt Konsul Jenderal Mandala Purba menyatakan telah berhasil mengevakuasi 47 orang WNI.


"47 rombongan atlet renang sudah tiba di KJRI pada jam 12.56 lewat tengah malam dan langsung beristirahat," ujar Faizasyah. Lalu ada empat orang yang merupakan anggota Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga terjebak di bandara Hong Kong karena tidak bisa berangkat ke lokasi tujuan kemarin malam.

Sayangnya, anggota PMI tersebut menolak untuk diamankan dan memilih untuk menunggu di bandara. "Kami sudah tawarkan mereka untuk kami bawa ke KJRI. Namun, mereka menolak dan lebih memilih untuk menunggu di bandara. Terhadap mereka kami sudah berikan nomor kontak KJRI untuk dihubungi dan sudah kami berikan makanan dan minuman untuk persediaan," jelas Faizasyah.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri itu juga menambahkan bahwa hingga saat ini satgas masih melakukan penyisiran bandara setempat untuk mengetahui apakah masih ada WNI yang terjebak.

Pengelola Bandara Internasional Hong Kong memutuskan untuk membatalkan seluruh penerbangan yang akan berangkat maupun yang sedang menuju Hong Kong sejak kemarin. Keputusan tersebut diambil setelah ribuan pengunjuk rasa memasuki aula kedatangan bandara guna menggelar aksi demonstrasi lanjutan.

Demonstrasi yang dilakukan di bandara tersebut membuat sejumlah moda transportasi dari dan menuju bandara terganggu. Tak hanya itu sebagian penumpang pesawat pun bahkan terpaksa berjalan kaki untuk menuju bandara.

Sebelumnya, KJRI mengimbau seluruh WNI yang terjebak di Bandara Internasional Hong Kong tersebut agar tetap tenang dan menjauhi lokasi demonstrasi. Sedangkan untuk WNI yang memiliki rencana pergi atau keluar Hong Kong dalam beberapa hari ke depan diharapkan untuk mengecek kembali jadwal penerbangan.

You can share this post!

Related Posts
Loading...