Tak Hanya Ibu Kota Baru, Jokowi Siap Bangun 10 Kota Metropolitan di Berbagai Wilayah Indonesia
Nasional

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkap Presiden Jokowi akan membangun 10 kota metropolitan di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meratakan ekonomi di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

WowKeren - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo tidak hanya akan membangun ibu kota baru. Namun juga berencana untuk menciptakan kawasan metropolitan di luar Pulau Jawa.

Tujuan dari rencana ini adalah untuk meratakan ekonomi di Indonesia. Setidaknya sudah ada 10 kawasan kota metropolitan yang masuk dalam rencana pengembangan.

Kawasan tersebut akan berada di dalam Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa. Empat kota yang berada di dalam Jawa, meliputi DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sedangkan enam kota di luar Jawa meliputi, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, dan Makassar.

Untuk saat ini, pembangunan di masing-masing kota sejatinya sudah mengarah ke arah sana. Namun pembangunan akan terus ditingkatkan agar kota-kota tersebut akan benar-benar menjadi metropolitan yang menjadi pusat bisnis, perdagangan, dan jasa.


"Ini akan memperkuat pembangunan di luar Pulau Jawa," ujar Bambang usai pengumuman resmi Presiden Joko Widodo terkait lokasi ibu kota baru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8).

Kepala Bappenas itu menambahkan jika pembangunan yang dilakukan ke 10 kota metropolitan bersamaan dengan membangun ibu kota baru perlu dilakukan agar pertumbuhan ekonomi bisa kian merata. Tak hanya itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk menekan kesenjangan ekonomi antar wilayah.

Menurut data pemerintah saat ini, ada sekitar 58 persen dari pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih berada di Pulau Jawa. Hal ini yang kerap menyebabkan ada ketimpangan, salah satunya populasi penduduk.

Hal ini disebabkan masyarakat yang kerap datang ke kota-kota besar di Pulau Jawa untuk mencari peruntungan. Sehingga 54 persen dari populasi penduduk Indonesia jadi terpusat di Pulau Jawa.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan jika pembangunan 10 kota metropolitan yang khusus berada di Pulau Jawa nantinya akan dihubungkan dengan kawasan ekonomi di sekelilingnya. Seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Industri (KI), hingga Kawasan Strategis Pariwisata (KSP). "Selain akan mendatangkan turis, kami ingin kawasan ini menjadi pionir perkembangan ekonomi daerah," pungkasnya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait