Jayapura Mencekam di Malam Hari, Kaum Wanita Ikut Ronda
Nasional

Suasana Jayapura mencekam di malam hari pasca demo yang berakhir ricuh. Hal ini membuat warga melakukan ronda demi meningkatkan keamanan lingkungannya. Tak hanya pria bahkan kaum wanita pun ikut berpartisipasi.

WowKeren - Kondisi Kota Jayapura, Papua nampak mencekam pada malam hari pasca demo yang digelar Kamis (29/8) berakhir rusuh. Sejumlah pertokoan dijarah sehingga warga harus meningkatkan keamanan di daerah tempat tinggalnya.

Warga kota Jayapura pun melakukan ronda pada Kamis (29/8) malam demi meningkatkan keamanan lingkungan sekitarnya pasca demo yang berakhir rusuh tersebut. Tak main-main, bahkan kaum wanita pun ikut turut serta melakukan ronda demi menjaga keamanan lingkungan mereka.

Dikutip dari Antara Dok 8 Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura, Kota Jayapura, hingga Jumat (30/8), para warga terlihat secara bergiliran melakukan ronda sejak malam hari dalam keadaan gelap dan tanpa adanya jaringan komunikasi. Sedangkan sejumlah warga lainnya memilih untuk bertahan dan menginap di kantor atau fasilitas milik negara karena takut untuk pulang ke rumah sebelum situasi dipastikan kondusif.

Menurut pantauan di sejumlah titik di Kota Jayapura pada Kamis (29/8) malam hari, tampak jalan raya dalam keadaan gelap karena listrik padam dan banyak jalur yang masih diblokir warga. Tak hanya itu, terlihat batu-batu hingga botol kemasan air sisa demo berakhir rusuh masih berserakan di jalan.


Bangunan yang dibakar juga masih mengeluarkan asap. Bahkan di sejumlah jalan di kota Jayapura terjadi aksi penjarahan pada toko-toko yang dibakar sehingga banyak warga yang memilih jalan alternatif lain. Baru sekitar pukul 21.00 WIT, massa yang menduduki kantor Gubernur Papua di Jayapura itu membubarkan diri.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, aksi demonstrasi yang berujung rusuh kembali terjadi di kota Jayapura, Kamis (29/8). Demo yang dimulai sejak pagi waktu setempat itu berlangsung hingga petang sehingga melumpuhkan aktivitas masyarakat sekitarnya.

Bahkan pusat perbelanjaan terbesar di kota itu, Mal Jayapura, juga tampak tutup. Begitu pula dengan perkantoran yang ada di sekitarnya. Sejumlah kelompok massa tampak melakukan orasi di sejumlah titik, seperti di Jalan Irian yang berada di pusat kota.

Massa yang mengikuti demo tersebut diperkirakan berjumlah 50 orang. Sementara itu, sejumlah aparat juga terlihat bersiaga di sekitarnya. Diketahui massa mulai membubarkan diri setelah dipukul mundur oleh aparat gabungan TNI dan Polri dengan menggunakan gas air mata sekitar pukul 18.00 WIT.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait