Lama Tak Terdengar, Pabrik Esemka Ternyata Siap Diresmikan Hari Ini
Nasional

Pabrik Esemka yang akan diresmikan berada di Jalan Raya Demangan KM 3.5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah. Diresmikan oleh Presiden Jokowi, rencananya 2 tipe mobil Esemka juga akan diluncurkan hari ini.

WowKeren - Cita-cita Indonesia untuk mampu memproduksi mobil buatan dalam negeri tampaknya semakin mendekati kenyataan. Pasalnya PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai pabrikan mobil Esemka dikabarkan siap diresmikan hari ini, Jumat (6/9), oleh Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari Tempo, peresmian rencananya akan digelar pukul 10.00 WIB nanti. Kabar ini dikonfirmasi oleh salah seorang aparat keamanan yang telah berjaga di depan pabrik.

Menurut aparat yang enggan disebutkan namanya itu, Paspampres dan anggota TNI-Polri telah melakukan pemeriksaan sejak dua hari terakhir. Petugas melakukan pemeriksaan ke seluruh ruangan pabrik yang akan digunakan untuk acara.

"Petugas aparat keamanan, termasuk Paspampres, datang ke PT Esemka sudah dua hari ini," ujar sang aparat, Jumat (6/9). "Mereka juga melakukan persiapan acara peresmian."

Kabar ini turut dibenarkan oleh warga desa sekitar. Mereka bahkan sudah bersiap-siap memasang umbul-umbul dan bendera di sepanjang jalan untuk menyambut sang presiden. "Pak Jokowi datang ke desa ini, akan meresmikan pabrik Esemka itu," ujar Warso (40), salah seorang warga Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.


Selain peresmian pabrik, pada hari yang sama Esemka juga akan meluncurkan dua model produknya. Keduanya adalah pikap Bima 1.2 dan Bima 1.3 yang dijual untuk pasar dalam negeri.

"Rencana demikian, untuk produk yang akan meluncur, seperti yang sudah saya bicarakan beberapa waktu lalu, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3," kata Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya, Kamis (5/9). "Kita sudah komitmen soal ini."

Terkait dengan tipe kendaraan yang diluncurkan, Eddy mengaku pihaknya berpegang pada komitmen serta visi dan misi Esemka. Yakni menggerakkan perekonomian daerah, khususnya wilayah pinggiran. Untuk harganya sendiri, jelas Eddy, kisarannya tak akan lebih dari Rp 150 juta.

Humas Esemka, Sabar Budhi, menyebut kedua tipe mobil itu akan menyasar masyarakat pedesaan. Esemka pun mengaku telah mengantongi izin produksi massal dan produknya juga telah lulus uji emisi.

"Pengelola investasi kami pihak swasta murni, tapi kami juga mendapat dukungan dari pemerintah, seperti dari segi legalitas dan perizinan," jelas Budhi, dilansir Kompas. "Target ke depan kami ingin menjadi perusahaan yang dapat menjadi wadah bagi lulusan SMK dan universitas politeknik di Indonesia."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru