Gerindra Sindir Esemka Mirip Produk Tiongkok, PDIP: Peniru Itu Langkah Awal yang Sah
Nasional
Peluncuran Mobil Esemka

Politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari, menuturkan bahwa industri otomotif Esemka memang masih merintis, sehingga wajar apabila ide-ide yang dihadirkan masih mengadaptasi pihak lain.

WowKeren - Politisi Gerindra, Andre Rosiade, sempat menyebut mobil Esemka yang baru diluncurkan kemarin (6/9) mirip dengan mobil produksi Tiongkok. Pernyataan tersebut lantas ditanggapi oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Yang paling penting, ayo didukung jangan dikecam melulu," tutur politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari pada Sabtu (7/9). "Dulu dibilang hoaks, sekarang ada masih salah juga."


Menurut Eva, Gerindra seharusnya mendukung Esemka. Dengan demikian, industri otomotif dalam negeri ke depannya bisa semakin maju dan bersaing hingga ke mancanegara.

"Ayo pikirkan bagaimana agar makin kuat, berlanjut, bisa ngembangin banyak model untuk pasar dalam negeri dan luar negeri," jelas Eva. "Gerindra kan pendukung berdikari, termasuk otomotif juga dong."

Eva lantas menuturkan bahwa industri otomotif tersebut masih merintis, sehingga wajar apabila ide-ide yang dihadirkan masih mengadaptasi pihak lain. Namun, Eva menilai kehadiran Esemka akan membuat Indonesia yang tadinya bangsa pemakai menjadi pencipta.

"Kita memulai transformasi dari bangsa pemakai menjadi pencipta. Peniru itu langkah awal yang sah dan itu dilakukan China, Jepang dan Korea, Malaysia, dan lain-lain. Globalisasi ini membuat dunia membaur (blended). Jadi wajar kalau idenya comot sana dan sini," ungkap Eva. "Coba Andre ke Myapidaw, Ibu Kota Myanmar, hotelnya adaptasi model Bali. Bahkan di China ada kampung yang dibangun seperti di Bali. Andre punya model-model khas Indonesia? Usulin aja."

Sebelumnya, pernyataan Andre tersebut juga sudah ditanggapi oleh pihak Istana. Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP, Ali Mochtar Ngabalin, meminta agar Andre memberi kritik yang membangun. Bukan hanya sekedar melontarkan komentar nyinyir terhadap pemerintah.

"Masak sih enggak move on-move on? Move on, dong. Berikan kritik yang membangun pencerahan bagi masyarakat," ujar Ngabalin pada Sabtu (7/9). "Jangan begitu narasinya. Itu saran Abang sebagai orang pemerintah, sebagai orang dari istana. Enggak usah nyinyir begitu, nanti orang punya penilaian miring kepada Andre Rosiade, Fadli Zon, dan lain-lain."

Sementara itu, kemiripan desain pikap Esemka Bima dengan model produk Tiongkok, Changan Star Truck, juga mendapat banyak sorotan dari publik. Bahkan, tagar soal Esemka dan Changan sempat menempati daftar trending topic Indonesia.

You can share this post!

Related Posts
Loading...