Fahri Hamzah Sambut Baik Rencana Jokowi Bangun Istana di Papua
Instagram/fahrihamzah
Nasional

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai bahwa pembangunan istana di tanah Papua bisa menjadi simbol kehadiran negara di Bumi Cenderawasih sehingga perlu didukung.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dikabarkan akan membangun istana di Papua tahun depan. Rencana ini mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Fahri menilai bahwa pembangunan istana tersebut bisa menjadi simbol kehadiran negara di tanah Papua. Oleh sebab itu, hal ini sangat baik menurutnya.

"Papua sangat penting sekali ada kehadiran fisik," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9). "Jadi dengan dibukanya Istana di Papua itu ya, menurut saya itu kehadiran simbolik yang baik sekali, bagus sekali."

Ia mengatakan bahwa pemerintah harus mulai memperhatikan kawasan Asia Pasifik. Papua, dikatakannya, merupakan representasi Indonesia di kawasan tersebut.


"Kita harus memulai tradisi Asia Pasifik. Kan beliau punya visi revolusi mental dan poros maritim," jelas Fahri. "Maritim itu basisnya Pasifik. Pasifik itu salah satu negara paling besar di Pasifik adalah Papua. Artinya pulau paling besar di Pasifik ini Papua, selain Australia."

Rencana tersebut muncul ketika Jokowi menanggapi aspirasi dari para tokoh Papua di Istana Negara, (10/9). "Mulai tahun depan Istananya mulai dibangun," ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan 61 tokoh Papua yang hadir.

Sementara itu, pengamat menilai bahwa membangun istana di Bumi Cenderawasih masih belum memiliki urgensi untuk saat ini. Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menilai bahwa Papua lebih membutuhkan layanan kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Kalau kemudian pilihannya keterbatasan maka skala prioritas lebih kepada aspek kemanusiaannya dulu," kata Eko dilansir dari Detik, Rabu (11/9). "Bukan pada infrastrukturnya."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel