Jenazah BJ Habibie Akan Dimakamkan di Samping Pusara Ainun
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa makam BJ Habibie di Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, tersebut sudah disiapkan sejak lama.

WowKeren - Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie telah meninggal dunia pada hari ini, Rabu (11/9), sekitar pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Habibie sendiri rupanya akan disemayamkan di samping makam sang istri, mendiang Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa makam tersebut sudah disiapkan sejak lama. "Sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya Ibu Ainun Habibie di slot 120-121," tutur Pratikno seperti dilansir CNN Indonesia.


Lebih lanjut, Pratikno menyebut negara menyiapkan pemakaman yang akan dilakukan besok, Kamis (12/9). Pemakaman BJ Habibie sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi sendiri sudah menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Habibie saat melayat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. "Innalillahi wainnailihi rojiun, perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka mendalam. Menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah bapak Profesor BJ Habibie tadi jam 18.05," ujar Jokowi.

Di sisi lain, menurut Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK), Prof dr Azis Rani, dalam keterangan resminya, Habibie masuk ke RSPAD Gatot Subroto Jakarta sejak 1 September 2019. Habibie ditangani oleh tim dokter spesialis dari berbagai bidang, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

"Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif," tutur Azis pada Selasa (10/9). "Mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi."

Sebelumnya, kesehatan Habibie yang terus menurun membuat sejumlah tokoh nasional mengunjunginya di RSPAD Gatot Subroto. Mulai dari Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

You can share this post!

Related Posts
Loading...