Bangun 63 Km Jalur Khusus, Anies Ingin Sepeda Jadi Sarana Transportasi Warga DKI
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Anies mengatakan bahwa pembangunan jalur khusus sepeda akan dilakukan dalam tiga fase. Ia berharap agar ke depannya panjang jalur tersebut bisa bertambah dan hampir ada di setiap ruas jalan.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membuat 63 jalur khusus untuk sepeda di Jakarta. Hal itu sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menyediakan sarana untuk para pesepeda.

Anies mengatakan bahwa pembangunan itu akan dilakukan dalam tiga fase. Pembangunan tersebut akan diprioritaskan pada jalur-jalur yang terimbas ganjil genap.


"Kami memulai dengan menyiapkan jalur sepeda pada tiga fase ini sepanjang 63 km," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Selatan, Jumat (20/9). "Fase pertama sebanyak 25 km, diutamakan di jalur-jalur yang kena kebijakan ganjil-genap."

Ke depannya, ia berharap agar semua jalan di ibu kota nantinya bisa dibuatkan jalur khusus untuk sepeda. "Tapi kita berharap tidak hanya 63 kilometer ini, tapi seluruh mayoritas tempat di Jakarta bisa ada jalur sepedanya," tutur Anies.

Terkait pembatas jalan, hal itu tergantung dari karakteristik masing-masing jalan. "Ada sebagian jalur sepeda yang bisa diberi pembatas karena lebar jalannya cukup besar. Tapi ada jalur-jalur yang lebarnya tidak besar di situ diberi marka, tapi belum tentu diberi pembatas. Nanti akan ada variasi dalam format jalannya," terang Anies.

Pada Jumat (20/9) pagi, Anies bersepeda menjajal sejumlah jalur sepeda dari Jakarta International Velodrome menuju Balai Kota DKI. Adapun jalur tersebut merupakan fase I pembangunan jalur sepeda. Sayangnya, masih ada ulah pemotor yang nekat masuk menerobos ke jalur tersebut.

Meski demikian, Anies tidak begitu mempermasalahkan hal itu. Sebab, saat ini masih tahap sosialisasi. "Itu (sanksi) masih lama, nanti kita sosialisasi dulu, kemudian kita siapkan jalurnya, kemudian dibiasakan, baru nanti ujung, jangan buru-buru," lanjut Anies.

Anies mulai bersepeda dari Jakarta International Velodrome sekitar pukul 07.00 WIB. Tak sendiri, ia didampingi oleh Sekretaris Daerah Saefullah dan sejumlah pejabat DKI lainnya.

"Kita bersama-sama bersepeda dari Velodrome, Rawamangun sekaligus mencoba jalur sepeda 23 kilometer pertama," kata Anies. "Nantinya kita akan bangun insyaallah mayoritas jalan di Jakarta nanti punya jalur sepedanya."

You can share this post!

Related Posts
Loading...