Jebol Pagar DPR, Mahasiswa Tolak RUU KUHP-UU KPK Ancam Gelar Aksi Lebih Besar
Nasional

Demonstrasi mahasiswa penolak RUU KUHP dan UU KPK yang baru berlangsung ricuh. Sekitar pukul 20.30 WIB, mahasiswa bahkan sempat menjebol pagar luar depan DPR.

WowKeren - Demonstrasi mahasiswa penolak RUU KUHP dan UU KPK yang baru berlangsung ricuh. Sekitar pukul 20.30 WIB, mahasiswa bahkan sempat menjebol pagar luar depan DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, pada Senin (23/9).

Pihak kepolisian langsung membuat barikade untuk menghalau massa. Aksi saling dorong pun sempat dilakukan massa mahasiswa dan polisi. Beberapa oknum mahasiswa bahkan melempar kayu dan botol ke arah polisi.

Beruntung, kondisi mulai mereda usai perwakilan massa meminta mahasiswa tetap tetap. Mahasiswa dari sejumlah kampus hingga kini masih bertahan di depan gedung DPR. Polisi juga masih berjaga di pagar yang sempat dijebol mahasiswa.

"Jika mau mengawal DPR, silakan stand by bermalam di sini, tapi dengan ketentuan agar teman-teman kenakan almamater," ujar Manik, Ketua BEM UI, di depan gedung DPR. "Tapi jangan rusuh dan jangan buat kegaduhan."

Aliansi mahasiswa bahkan mengancam akan menginap di depan gedung DpR. Mereka bersikeras meminta agar RUU KUHP dan UU KPK dicabut lantaran sarat masalah. Salah seorang narator bahkan mengancam menginap.


"Hari ini kita tanpa hasil. Kita tidak ingin hanya ditunda (RUU KUHP dan UU KPK), tapi dicabut," ujar orator tersebut. "Kita akan nginap malam ini. Kita akan nginap dengan damai. Nanti koordinator kampus kumpul di sini. Kira bicarakan ke depannya."

Sebelumnya, perwakilan mahasiswa sempat melakukan audiensi dengan pihak DPR. Massa kabarnya akan menggelar aksi lebih besar lagi pada 24 September 2019 nanti.

Aksi demo mahasiswa menuai banyak dukungan netizen. Tagar #DiperkosaNegara bahkan sempat menjadi trending topik di lini masa Twitter Indonesia.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Purnomo sudah berada di lokasi. Kapolres mengimbau massa agar tak terprovokasi.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait