Fakta Ini Buktikan Megawati-Prabowo Berjasa Jadikan Bamsoet Ketua MPR
Nasional

Seluruh fraksi sepakat untuk memilih Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024. Rupanya ada campur tangan Megawati dan Prabowo di balik kemenangan Bamsoet tersebut.

WowKeren - Politikus Partai Golongan Karya, Bambang Soesatyo alias Bamsoet akhirnya resmi terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2019-2024. Jalan Bamsoet sendiri tak sepenuhnya mulus, lantaran ada beberapa nama yang mengotot ingin duduki kursi RI 5, salah satunya Ahmad Muzani dari Gerindra.

Namun rupanya terpilihnya Bamsoet tak lepas dari dua figur politik nasional, yakni Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Jasa mantan pasangan calon presiden dan wakil presiden itu diungkap oleh Ketua F-Gerindra, Ahmad Riza Patria.

Dalam rapat paripurna penetapan dan pelantikan Ketua MPR RI, Riza menyebut Gerindra siap mendukung Bamsoet untuk mengemban amanah sebagai Ketua MPR. Padahal, sebelumnya, Gerindra mengotot ingin menjadikan Muzani sebagai penerus Zulkifli Hasan. Lebih lanjut, menurut Riza, langkah ini diambil usai adanya konsultasi antara Megawati dan Prabowo.

"Kami mengedepankan musyawarah-mufakat dan hasil konsultasi Bapak Prabowo Subianto dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 RI," kata Riza di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10). "Maka Bapak Prabowo dan Ibu Megawati bersepakat untuk kepentingan yang lebih besar."


"Kami bersepakat untuk terus menjaga lembaga MPR ini dalam forum-forum musyawarah," imbuh Riza. "Dalam memutuskan berbagai kebijakan penting dalam membangun bangsa dan negara."

Pimpinan sementara sidang, Abdul Wahab Dalimunthe, lantas meminta penegasan atas pernyataan Riza tadi. "Tadi sudah diumumkan bahwa delapan partai sudah menyatakan memilih Bapak Bambang Soesatyo juga ditambah DPD. Dalam kesempatan ini, hendaknya jelas, apakah Fraksi (Gerindra) setuju Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR?" tanya Wahab, seperti dilansir oleh Kompas.

"Kami Fraksi Partai Gerindra sepakat dan setuju mengusung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024. Terima kasih," jawab Riza. Tak ayal jawabannya ini disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh anggota parlemen yang hadir dalam rapat.

Sebelumnya, Gerindra berniat untuk "maju tak gentar" demi mengantarkan Muzani sebagai Ketua MPR RI. Gerindra beralasan Muzani memiliki kapabiltas yang cukup untuk menduduki jabatan tersebut.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait