Ignasius Jonan Kurang Setuju Pengalihan Stasiun Dari Gambir Ke Manggarai Karena Hal Ini
Nasional

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kurang menyetujui terkait rencana pemerintah untuk mengalihkan stasiun utama di Jakarta dari Gambir Ke Manggarai.

WowKeren - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan pendapatnya terkait pemindahan kereta jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai. Ignasiun Jonas menyatakan jika rencana pengalihan kereta jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai tidak tepat.

Ignatius Jonan yang sebelumnya menjabat sebagai mantan Menteri Perhubungan (Menhub) dan mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini lantas menjelaskan alasannya. Pengalihan kereta jarak jauh ini dirasa kurang tepat karena lalu lintas ke arah Manggarai sendiri masih belum banyak dan penuh tantangan.

"Pengalihan ke Stasiun Manggarai tidak tepat mengingat lalu lintas dari dan ke Stasiun Manggarai masih sangat menantang," ujar Ignatius Jonan pada Selasa (8/10). "Stasiun Manggarai sendiri adalah stasiun pengendali dari banyak arah perjalanan kereta api termasuk kereta bandara."


Jonan berharap jika Stasiun Gambir akan tetap menjadi pemberhentian bagi kereta-kereta jarak jauh. Ignatius Jonan lantas membandingkan dengan stasiun yang berada di Tokyo yang memiliki berbagai Central Station (stasiun utama) di satu kota. Jonan juga mengungkapkan jika Stasiun Manggarai akan dijadikan sebagai stasiun utama maka seharusnya tidak usah menerima pemberhentian KRL lagi.

"Menurut saya sebagai mantan Menhub dan mantan Dirut KAI, Gambir harus tetap melayani Kereta Api jarak jauh seperti Tokyo Central Station dan banyak central station lain di banyak kota besar di dunia," tutur Jonan. "Jika KA Jarak jauh dipindah ke Stasiun Manggarai bersama dengan KA Bandara, maka sebaiknya KA Manggarai tidak melayani penumpang KRL lagi."

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyatakan jika penumpang kereta api jarak jauh sudah tidak bisa lagi untuk turun di Stasiun Gambir. Pemberhentian kereta api yang biasa dilakukan di Stasiun Gambir akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai.

Stasiun Manggarai nantinya akan menjadi pusat stasiun (central station) di Jakarta menggantikan Stasiun Gambir. Rencananya, perpindahan ini akan mulai dilakukan pada akhir tahun 2021 mendatang.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait