Jokowi Pastikan Masyarakat Papua Jadi Menteri Di Kabinet Kerja Jilid  II
Nasional

Jokowi mengatakan bahwa ia pasti akan mengangkat perwakilan dari masyarakat asal Papua untuk menjadi menterinya di Kabinet Kerja Jilid II pada 2019-2014 mendatang.

WowKeren - Usai resmi terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2019-2024, Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan kembali menyusun Kabinet Kerja Jilid II yang akan membantunya selama masa pemerintahan. Selain terdiri dari para anggota partai politik, kabinet baru Jokowi ini juga rencananya akan diisi oleh kalangan profesional dan bahkan milenial.

Tak hanya itu, baru-baru ini Jokowi juga memastikan bahwa nantinya ia akan mengangkat warga Papua untuk kembali duduk di kabinetnya di periode 2019-2024. Akan tetapi, Jokowi belum bisa memastikan berapa masyarakat asal Papua yang masuk di dalam kabinet barunya itu.

"Saya pastikan ada orang papua yang masuk kabinet," ujar Jokowi sesaat setelah menerima perwakilan siswa SD Kabupaten Jayapura dan Asmat Provinsi Papua di Istana Merdeka pada Jumat (11/10) ini. "Berapa orang, nanti kita lihat."


Saat ditanyai kapan susunan kabinet terbarunya akan diumumkan, Jokowi belum bisa memastikannya. Ia mengatakan bahwa pengumuman susunan kabinet bisa saat hari pelantikan, bisa juga sehari setelahnya.

Jokowi sendiri mengatakan bahwa dirinya saat ini sudah memegang susunan kabinet. Meskipun begitu, menjelang pengumuman kabinet susunan tersebut bisa saja berubah.

Sebelumnya, menteri Jokowi asal Papua pada masa pemerintahan 2014-2019 adalah Yohana Susana Yembise. Wanita kelahiran Manokwari, Provinsi Papua Barat ini dipercaya Jokowi untuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Yohana dikenal karena menjadi menteri dan guru besar perempuan pertama dari Tanah Papua. Sebelum diangkat menjadi menteri, wanita kelahiran 1958 itu adalah seorang profesor di Universitas Cenderawasih. Ia juga diketahui pernah mencalonkan diri menjadi Bupati Biak Numfor pada tahun tahun 2013 lalu.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait