Purnawirawan Jenderal Jadi Menag, Ini 'Misi Khusus' dari Jokowi
Nasional
Susunan Kabinet Jokowi Maruf

Beberapa nama menteri yang diumumkan Jokowi hari ini memang sukses membuat masyarakat terkejut. Salah satunya Jenderal (Purn) Fachrul Razi yang resmi dipilih menjadi Menteri Agama.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah memilih para punggawa yang akan membantunya menyelesaikan periode kedua pemerintahannya. Sebanyak 38 orang dilantik untuk memimpin kementerian dan lembaga setara pada hari ini, Rabu (23/10).

Beberapa nama baru pun muncul. Selain Nadiem Makarim yang membuat geger lantaran terpilih jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sosok purnawirawan TNI ini pun sukses mengejutkan masyarakat karena ditempatkan sebagai Menteri Agama.


Adalah Jenderal (Purn) Fachrul Razi, sosok Menag di Kabinet Indonesia Maju. Terpilihnya sang purnawirawan pun membuat banyak pihak bertanya-tanya, apa alasan sang presiden memilih "alumni" militer sebagai "pentolan" bidang agama.

Tak ingin membuat publik berspekulasi, Jokowi pun blak-blakan menyampaikan alasannya. Rupanya Jokowi menunjuk Fachrul demi fokus mengurusi radikalisme di Indonesia.

"Kesembilan, Bapak Jenderal Fachrul Razi sebagai Menteri Agama," ujar Jokowi kala memperkenalkan para menteri di Kabinet Indonesia Maju di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10). "Ini urusan (Menag) berkaitan dengan radikalisme, ekonomi kuat, industri halal saya kira, dan terutama haji berada di bawah beliau."

Sikap ala tentara pun tampaknya belum sepenuhnya sirna dari Fachrul kendati telah ditetapkan menjadi Menag. Terbukti dari Fachrul yang langsung berdiri dengan badan tegap dan memberikan hormat.

"Assalamualaikum," ujar Fachrul memberi salam usai dikenalkan sebagai menteri. "Waalaikumsallam," jawab Jokowi.

Di sisi lain, para menteri yang akan mengisi Kabinet Indonesia Maju telah diperkenalkan dan dilantik pada Rabu (23/10) pagi tadi. Total ada 34 menteri dan 4 kepala lembaga setara kementerian yang dilantik oleh Presiden Jokowi.

Beberapa menteri yang telah membantu Jokowi di periode sebelumnya diketahui kembali mengabdi, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Ada pula menteri lawas yang kembali mengabdi di periode kedua pemerintahan Jokowi tetapi di pos berbeda, seperti Bambang Brodjonegoro yang menjadi Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional.

You can share this post!

Related Posts
Loading...