Bantu Tugas Negara, Jokowi Bakal Lantik Wakil Menteri Siang Ini
Nasional

Presiden Joko Widodo mencontohkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membawahi sekitar 140-an BUMN di seluruh Indonesia sehingga tugasnya cukup banyak.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan melantik wakil menteri siang ini, Jumat (25/10) di Istana Mereka. Namun, wakil menteri yang akan dilantik hanya beberapa, tidak untuk semua.

Dilansir dari Detik, jumlah menteri yang akan dilantik berjumlah sekitar 11 orang. Meski demikian, masih belum diketahui wakil untuk kementerian bidang saja yang akan dilantik.

Sebelumnya, Jokowi menuturkan bahwa dirinya sudah menyelesaikan susunan wakil menteri yang akan membantu tugas kementerian di kabinet Indonesia Maju. Tak hanya datang dari kalangan politikus, jabatan wamen tersebut juga akan diisi oleh kalangan profesional. Jokowi berharap agar sosok-sosok wamen tersebut benar-benar bisa membantu tugas menteri untuk membangun negara.

"Mengenai wamen jadi, sebetulnya sudah selesai," kata Jokowi di Jakarta Pusat, Kamis (24/10). "Ada yang dari partai ada juga yang dari profesional. Yang kita harapkan betul-betul membantu menterinya."


Lebih lanjut, Jokowi juga menyebutkan ada kementerian yang nantinya akan mendapat jatah wamen lebih dari satu. Sebab hal itu memang diperlukan mengingat tugas di kementerian tersebut yang cukup banyak.

Salah satunya adalah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mantan Wali Kota Surakarta tersebut menyebutkan bahwa di Indonesia sendiri ada sekitar 140 BUMN sehingga tak mudah untuk mengelolanya. Oleh sebab itu, diperlukan lebih dari satu wakil menteri.

"Saya contoh di BUMN kalau menterinya membutuhkan wamen sampai 3 dan itu diperlukan dan kita tahu BUMN kita ada 140-an BUMN, 140-an perusahaan," tutur Jokowi. "Kalau mengelola perusahaan sebanyak itu perlu pengawasan perlu dikontrol, perlu cek, ya kalau diperlukan itu ya nggak apa-apa."

Sebelumnya, Jokowi juga membuka kemungkinan untuk melantik wamen di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu Nadiem Makarim. "Kerja besar, sekali lagi ini kita mengelola negara besar, jadi kalau ada wamen dan itu memberikan dukungan, enggak apa-apa," pungkas mantan Wali Kota Surakarta tersebut.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait