Hari Sumpah Pemuda, Jokowi Resmikan Jembatan Holtekamp di Papua
Nasional

Presiden Joko Widodo berharap agar Jembatan Holtekamp yang saat ini telah berubah nama menjadi jembatan Youtefa bisa menjadi simbol kemajuan pembangunan di Papua.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi akhirnya meresmikan Jembatan Holtekamp yang kemudian berubah nama menjadi Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua, Senin (28/10). Jokowi menuturkan bahwa Jembatan Youtefa merupakan simbol persatuan bangsa.

Youtefa sendiri merupakan nama sebuah teluk kecil di dalam Teluk Yos Sudarso yang berada di garis pantai kota Jayapura. Jokowi berharap agar jembatan tersebut bisa menjadi simbol kemajuan pembangunan Tanah Papua.

"Jembatan ini juga menjadi tonggak sejarah di tanah Papua," kata Jokowi. "Bukan hanya simbol penting yang satukan kita tapi juga simbol pentingnya kemajuan untuk bangun tanah Papua."

Ia ingin agar Papua juga bisa maju seperti wilayah lain di Indonesia. Seperti diketahui, Jokowi kerap melakukan kunjungan ke Papua. Ia pun kembali menyebut bahwa Papua merupakan secuil surga yang jatuh ke dunia.


"Tanah Papua harus maju seperti daerah lain di Indonesia," tutur Jokowi. "Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi itu hal yang saya lihat setiap kali saya kunjungi Papua. Saya sudah 13 kali ke Papua."

Peresmian jembatan ditandai dengan ditandatanganinya prasasti sebagai simbol peresmian. Dalam acara peresmian itu, Jokowi selain ditemani oleh ibu negara, Iriana Jokowi, juga didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Papua Lukas Enembe. "Saya resmikan Jembatan Youtefa, terima kasih. Semoga Tuhan memberkati kita semuanya," kata Jokowi.

Adapun peresmian Jembatan Youtefa ini molor dari jadwal semestinya. Jika meruntut ke jadwal, maka seharusnya Jokowi sudah melakukannya sejak Desember lalu.

"Enggak bisa diresmikan," kata Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua saat itu, Lenis Kogoya beberapa waktu lalu. "Pak presiden tanya saya, kapan diresmikan? (Saya bilang) ada masalah. Ini yang masih bikin masalah sekarang."

Jembatan Youtefa merupakan jembatan terpanjang di Papua dengan total panjang 733 meter. Jembatan ini menghubungkan daerah Hamadi di Distrik Jayapura Selatan dengan daerah Holtekamp di Distrik Muara Tami.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait