Soal Pencegahan Radikalisme Bakal Muncul Di Tes CPNS 2019, Berapa Porsinya?
Nasional

Soal mengenai pencegahan radikalisme akan muncul di tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 dalam tes wawasan kebangsaan. Berapa porsi soal tes tersebut?

WowKeren - Pendaftaran Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 sebentar lagi akan dibuka. Momen ini dinantikan oleh banyak masyarakat Indonesia. Berbagai persiapan baik administrasi maupun latihan soal pun dilakukan demi lolos seleksi yang ketat itu.

Terdapat perbedaan di tiap tahunnya dalam Seleksi CPNS, salah satunya adalah soal ujiannya. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri mengungkapkan bahwa akan ada inovasi soal baru dalam tes CPNS.

Inovasi tersebut berupa penambahan soal-soal mengenai pencegahan radikalisme. Kepala BKN Bima Harya Wibisana menjelaskan bahwa soal-soal tersebut akan diselipkan dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). TWK sendiri merupakan salah satu bagian dalam seleksi kompetensi dasar (SKD).

"Soal-soal ini ada inovasi baru, misalnya radikalisme," ungkap Bima di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta pada Rabu (30/10). "Pada saat tes kebangsaan, kami udah memasukkan keinginan untuk soal-soal seperti itu, jadi akan ada soal seperti itu, tapi tidak signifikan."


Sementara itu, soal TWK sendiri akan menjadi soal yang paling dominan dalam rangkaian SKD. Menurut Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja, bobot soal jenis ini mencapai 60% dari keseluruhan tes.

"Yang jelas memang salah satu saringannya dalam CPNS ini adalah TWK," kata Setiawan Wangsaatmaja yang dilansir dari Detik pada Rabu (30/10). "Kurang lebihnya mungkin 60% dari total soal."

Sementara itu, untuk tes karakteristik pribadi (TKP) soalnya tidak terlalu banyak berbeda dengan tes sebelumnya. Perbedaan hanya terjadi dalam tata bahasa yang digunakan.

"Soal-soal tes karakteristik pribadi masih akan sama, tapi dengan bahasa yang berbeda," kata Bima. "Kemarin itu bahasanya lebih sulit, sehingga menangkap soal dan jawabannya jadi sedikit.

Sementara itu, setidaknya ada tiga jenis tes dalam SKD yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyatakan bahwa tes SKD CPNS 2019 tidak akan jauh berbeda seperti di tahun sebelumnya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait