Tjahjo Larang Pegawainya Pakai Cadar Namun Boleh Kenakan Celana Cingkrang
Instagram/tjahjo_kumolo
Nasional
Larangan Cadar PNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan telah melarang pegawainya untuk memakai cadar saat bekerja.

WowKeren - Wacana pelarangan penggunaan cadar di lingkungan kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah memicu kontroversi di kalangan masyarakat karena dinilai membatasi kebebasan berekspresi. Kini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mendukung wacana tersebut.

Tjahjo Kumolo telah melarang pegawai-pegawainya untuk menggunakan cadar saat bekerja. Walau begitu, ia membebaskan jika ada pegawainya yang mau menggunakan cadar diluar jam kantor karena itu merupakan kebebasannya.


"Kalau di lingkungan kantor saya wajib jangan pakai cadar," kata Tjahjo, Senin (4/11). "Begitu ke luar kantor mau pakai cadar silakan, karena dia sebagai warga negara, bebas."

Menurut Tjahjo, permasalahan mengenakan cadar atau tidak itu merupakan hak setiap warga negara. Namun ketika telah memasuki lingkungan kerja atau berdinas tentu harus mengikuti aturan yang ditetapkan instansi tersebut.

"Di KemenPAN-RB itu ada seragam putih. Kalau hari-hari nasional pakai Korpri, ada juga baju yang lain," ujar Tjahjo. "Tapi kalau di kantor, ya jangan pakai cadar dong. Di luar silakan."

Setiap kementerian dan lembaga disebutkan Tjahjo pastinya memiliki aturan masing-masing terkait tata cara berbusana bagi pegawainya. Maka pelarangan penggunaan cadar di kalangan PNS masih bisa diterima.

"Jadi tidak ada imbauan," ungkap Tjahjo. "Masing-masing kepala daerah, kepala instansi punya kewenangan untuk mengatur."

Tak hanya wacana pelarangan cadar saja yang memicu kontroversi, rupanya pelarangan bagi PNS untuk memakai celana cingkrang juga banyak dibicarakan. Mengenai ini, Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut menyatakan jika dirinya tidak mempermasalahkan jika ada pegawainya yang memakai celana cingkrang.

Tjahjo berujar jika aturan tentang celana cingkrang untuk PNS memang belum ada di KemenPAN-RB. "Untuk celana cingkrang, kami tidak mengarah ke sana," pungkas Tjahjo.

Sebelumnya wacana terkait pelarangan cadar mencuat setelah dilontarkan oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Pelarangan cadar ini dinilai Fachrul akan berguna untuk menata dan merapikan lingkungan kementeriannya.

"Bagi muslimah, silakan pakai jilbab, itu enggak ada masalah," ujar Fachrul Razi. "Itu hak-hak masing-masing. Mau pakai peci silakan tapi kalau pakai cadar bagaimana mau melihatnya."

You can share this post!

Related Posts
Loading...