Erick Thohir Pangkas Eselon Kementerian, Deputi Bakal Dipindah ke Posisi Ini
Nasional
Jokowi Pangkas Pejabat Eselon

Menteri BUMN Erick Thohir menjadi satu-satunya anggota kabinet dengan 2 wakil sekaligus. Keberadaan 2 wakil menteri ini pun membuat 7 eselon I Kementerian BUMN harus dipindah ke posisi lain.

WowKeren - Dari 34 punggawa Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju, barangkali Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir lah yang sejauh ini cukup kencang berlari. Tak hanya membongkar struktur kepegawaian perusahaan-perusahaan pelat merah, struktur di Kementerian BUMN pun kini menjadi sasaran.

Dilansir dari CNN Indonesia, rupanya Erick sudah berniat untuk merampingkan struktur Kementerian BUMN. Apalagi karena saat ini Erick sudah didampingi dua wakil menteri sekaligus.


Lebih spesifik, rupanya jajaran eselon I lah yang akan "dibabat" Erick dalam rangka merampingkan struktur Kementerian BUMN ini. Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut para deputi di kementerian akan dialihkan ke perusahaan-perusahaan BUMN. Nantinya kemungkinan mereka akan ditempatkan sebagai direksi atau komisaris di perusahaan BUMN.

"Deputi-deputi kan sudah lama disini. Jadi mereka perlu juga refresh lagi ke perusahaan-perusahaan BUMN," ujar Arya di Kementerian BUMN, Senin (18/11). "Maka kami akan minta mereka mau untuk ke perusahaan megang BUMN."

Arya pun menegaskan pihaknya tak akan melakukan pengurangan eselon, namun hanya perubahan struktur. Nantinya para eselon akan dipindahkan untuk mengatur langsung BUMN.

"Selama ini mereka, beliau-beliau itu, kan sudah mengawasi, sudah meng-guidance BUMN-BUMN ya," kata Arya. "Kali ini, langsung in charge di BUMN."

Namun untuk mewujudkan perampingan eselon ini, tentu diperlukan landasan hukum yang kuat, yakni berupa Peraturan Presiden. Saat ini landasan hukum itu tengah diajukan kepada yang bersangkutan. "Struktur kementerian kan harus ke presiden," ujar Arya.

Sebelum aturan ini diberlakukan, sedianya ada tujuh eselon I di Kementerian BUMN. Ketujuh orang ini sekarang telah mendapatkan posisi baru sebagai dewan direksi di sejumlah perusahaan BUMN.

Nantinya tugas dan pokok fungsi para eselon I akan diisi oleh kedua wakil menteri Erick. "Saya belum tahu, tetapi yang pasti ada Wakil Menteri BUMN akan handle semua tugas pada eselon I," ungkap seorang sumber anonim dari Kementerian BUMN, seperti dikutip dari Antara, Senin (18/11).

You can share this post!

Related Posts
Loading...