Ahok Soal Berantas Mafia Migas Usai Jadi Komut Pertamina: Saya Bukan Godfather
Nasional

Eks Gubernur DKI Jakarta itu telah menerima SK pengangkatannya sebagai Komisaris Utama Pertamina pada Senin (25/11). Sederet tugas pun harus siap Ahok emban, dan isu mafia migas disebut-sebut menjadi salah satunya.

WowKeren - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok telah resmi ditempatkan sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Hal ini disahkan lewat penyerahan Surat Keputusan pengangkatan Ahok sebagai Komut Pertamina pada Senin (25/11).

Penempatan Ahok sebagai Komut Pertamina pun dikaitkan dengan isu mafia minyak dan gas di perusahaan pelat merah tersebut. Pengamat bahkan menilai pemberantasan mafia migas merupakan tugas prioritas usai Ahok diberi amanah sebagai Komut Pertamina.

"Ahok dianggap berani menghadapi para mafia migas yang disinyalir masih ada," ujar peneliti Indef, Abra PG Talattov, seperti dikutip dari Antara, Senin (25/11). "Publik memiliki ekspektasi besar terhadap itu kepada Ahok, setidaknya dalam jangka pendek ada tindakan lanjut."

Menanggapi hal tersebut, Ahok justru memberikan reaksi tak terduga. Ia mengaku tak tahu-menahu soal adanya mafia migas yang dimaksud masyarakat.


"Saya enggak tahu maksud mafia migas tuh apa ya," kata Ahok ketika dijumpai awak media di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Senin (25/11). "Saya kan bukan Godfather."

Walau demikian, Ahok mengaku akan melakukan pengawasan semaksimal mungkin, sebagaimana tugas dan pokok fungsinya sebagai Komut Pertamina. Harapannya pengawasan yang ia lakukan bisa berdampak positif terhadap perkembangan Pertamina ke depannya.

"Saya hanya duduk bantu awasi. Jadi masyarakat bisa lihat perkembangan bagaimana hasil kerja kita," jelas sang mantan Bupati Belitung Timur, dikutip dari laman Kompas. "(Hasil) di lapangan seperti apa. Hasilnya seperti apa itu ada kerja sama tim."

Terkait dengan penunjukan Ahok sebagai Komut Pertamina ini sebelumnya sempat menjadi buah bibir. Pasalnya Ahok dinilai lebih cocok sebagai eksekutor dan ditempatkan sebagai Direktur Utama Pertamina.

Kendati demikian, peneliti Alpha Research Database Indonesia, Ferdy Hasiman, menyebut penunjukan Ahok sebagai Komut Pertamina pun bisa menggentarkan nyali para mafia. "Meskipun Komut, para mafia harus hati-hati karena penunjukan Ahok adalah upaya Jokowi berperang melawan mafia migas yang sudah lama bercokol di Pertamina," kata Ferdy, Minggu (24/11).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait