Mulai Hari Ini Calon Mahasiswa Wajib Registrasi Akun SSO, Begini Caranya
Nasional

Dengan sistem single sign on, data para calon peserta seleksi masuk perguruan tinggi akan terintegrasi menjadi satu. Jadwal registrasi akun untuk setiap jalur seleksi pun telah tersedia.

WowKeren - Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk membenahi mekanisme pendaftaran mahasiswa baru yang ada. Yang terbaru, calon peserta seleksi masuk perguruan tinggi diwajibkan mendaftarkan akun di sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan sistem single sign on alias terpusat di satu situs.

Peserta dari berbagai jalur seleksi, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK diminta untuk mendaftar lewat https://portal.ltmpt.ac.id. Peraturan ini pun tak hanya berlaku bagi calon mahasiswa baru, tetapi juga untuk sekolah-sekolah para peserta itu berasal.

Ketua LTMPT, Ravik Karsidi, menyatakan kebijakan SSO ini bertujuan untuk mengintegrasikan data jalur penerimaan calon mahasiswa baru dari berbagai jalur yang ada dalam satu sistem. Adapun pendaftaran dan pengisian data telah dibuka mulai hari ini (2/12) sore, khusus untuk calon peserta yang akan mengikuti SNMPTN.

"Kerangka waktu registrasi akun LTMPT bagi sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan bagi siswa calon pendaftar SNMPTN 2020," kata Ravik, Minggu (1/12). "Akan dibuka pada tanggal 2 Desember 2019, dimulai pukul 15.00 WIB."


Ravik pun membeberkan langkah-langkah untuk mendaftarkan diri di LTMPT. Nantinya akan ada dua bagian pendaftaran yang berbeda, yakni akun sekolah dan siswa.

"Untuk siswa harus melakukan login akun LTMPT," jelasnya, dilansir dari Kompas. "Dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), NPSN, dan tanggal lahir."

Ravik lantas mengimbau agar pendaftaran dilakukan pada rentang waktu yang tersedia. Untuk calon peserta lewat jalur SNMPTN bisa mengakses mulai hari ini hingga 7 Januari 2020 mendatang. Sedangkan untuk peserta jalur UTBK dan SBMPTN bisa mengakses LTMPT mulai 7 Februari sampai 5 April 2020.

Untuk kalian calon mahasiswa baru, pastikan sudah mengikuti mekanisme pendaftaran yang tersedia. Bila mengalami hambatan dalam mendaftar akun LTMPT, kalian bisa menghubungi Call Center 0804-1-450-450 atau mengakses Helpdesk di https://halo.ltmpt.ac.id.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait