Tak Masalah Anies Hadiri Reuni 212 Kenakan Seragam Dinas, Kemendagri: Masa Iya Pakai Gamis?
Nasional
Reuni 212

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, menjelaskan bahwa tidak ada aturan yang melarang seorang kepala daerah mengenakan pakaian dinas kala menghadiri suatu acara keagamaan.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menghadiri acara Reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat, pada Senin (2/12) pagi ini. Dalam kesempatan tersebut, Anies hadir dengan mengenakan seragam dinas PNS-nya yang berwarna coklat.

Pengenaan seragam dinas di Reuni 212 tersebut rupanya tidak dipermasalahkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik menjelaskan bahwa tidak ada aturan yang melarang seorang kepala daerah mengenakan pakaian dinas kala menghadiri suatu acara keagamaan.


"Kan hari kerja. Dia diundang kapasitasnya sebagai apa? Gubernur kan? Ya boleh dong," ujar Akmal dilansir CNN Indonesia. "Masa iya dia pakai gamis? Dia pakai pakaian dinas dong karena kapasitasnya sebagai Gubernur."

Menurut Akmal, PNS atau kepala daerah memang wajib mengenakan pakaian dinas saat jam kerja. Mereka juga wajib mengenakan pakaian dinas kala menghadiri undangan, meskipun di luar jam kerja.

Selain itu, Akmal juga tidak mempersoalkan kehadiran Anies dalam Reuni 212. Pasalnya, Anies dinilai menghadiri undangan masyarakat sebagai pimpinan daerah.

"Dia kan Gubernur, Gubernur seluruh masyarakat (DKI Jakarta). Dia kan diundang sebagai Gubernur, kita enggak pernah mengikat kegiatan A atau kegiatan B," jelas Akmal. "Lagian dia (Anies) kan hadir di daerahnya sendiri."

Sementara itu, Anies sendiri sempat memberikan kata sambutan di Reuni 212. Dalam sambutannya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut menyinggung soal keadilan di Indonesia.

"Tidak ada persatuan tanpa keadilan. Tanpa keadilan tak mungkin ada persatuan, karena itu keadilan penting. Tanggung jawab kita sekarang ini adalah menghadirkan keadilan," kata Anies. "Apa yang unik? Yang unik adalah di sini ada persatuan Indonesia. Yang ada di sini adalah cermin persatuan Indonesia."

Anies juga sempat disebut sebagai "Gubernur Indonesia" oleh pembawa acara Reuni 212. "Selamat datang Bapak Anies Baswedan, Gubernur Indonesia. Bapak Gubernur Indonesia. Sebelum 2024 mimpin Indonesia beneran, beliau harus tetap megang Jakarta. Takbir. Bapak H Anies Baswedan, alhamdulillah beliau telah hadir di tengah-tengah kita," pungkas sang pembawa acara.

You can share this post!

Related Posts
Loading...