Bidik Pelajar SMA-SMK, Pemerintah Gelar Kemah Pancasila 3 Hari 2 Malam
Nasional

Acara kemah bersama tersebut akan berlokasi di Watu Tapak Camp Hill, Tebing Breksi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan diikuti oleh perwakilan pelajar SMA-SMK se-Indonesia.

WowKeren - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar acara Kemah Pancasila Pelajar Indonesia (KPPI). Acara tersebut akan berlokasi di Watu Tapak Camp Hill, Tebing Breksi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama 3 hari 2 malam, 13-15 Desember 2019.

Untuk menggelar acara tersebut, BPIP bekerja sama dengan Yayasan Rejomulia Yogyakarta. Sedangkan tujuan diadakannya kemah tersebut adalah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila khususnya pada para pelajar.


Humas KPPI Widihasto Wasana Putra mengatakan bahwa pihaknya akan membidik pelajar SMA dan SMK untuk mengikuti acara tersebut. Dengan menanamkan nilai Pancasila sejak awal, diharapkan mereka bisa menumbuhkan sikap politik yang inklusif.

"Segmen pelajar SMA/SMK dipilih karena merupakan calon-calon generasi pemimpin bangsa yang perlu diperkuat perspektif ideologisnya," kata Widihasto. "Harapannya ke depan mereka memiliki sikap politik yang inklusif."

Tak hanya itu, melalui acara kemah bersama ini, diharapkan bisa merintis pembangunan jejaring di kalangan pelajar Indonesia. Dengan begitu, akan tercipta relasi sosial berkelanjutan gerakan implementasi nilai-nilai Pancasila.

"Untuk mempersiapkan generasi baru kader penggerak Pancasila menopang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjut Widihasto. "Dan melanjutkan tugas-tugas serta tanggungjawab kebangsaan lainnya."

Materi yang disampaikan akan meliputi wawasan kebangsaan, Pancasila, kepemimpinan, sosial masyarakat, lingkungan alam hingga keorganisasian. Nantinya, akan ada mentor berpengalaman yang memandu jalannya aktivitas.

Widihasto menuturkan bahwa acara tersebut akan dihadiri oleh 350 pelajar SMA-SMK seluruh Indonesia. "Hingga sepuluh hari jelang acara tercatat 200-an orang pelajar SMA/SMK dari berbagai kota di Indonesia telah mendaftarkan diri secara online," pungkasnya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts