MUI Jatim Imbau Umat Islam Tak Ucapkan Selamat Natal, Sosok Ini Perkecualian
Nasional

Usai sempat melarang pejabat untuk mengucapkan salam semua agama, kini MUI Jatim kembali disorot karena mengimbau umat Muslim agar tak mengucapkan selamat Hari Natal.

WowKeren - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur kembali menjadi sorotan publik. Usai melarang pengucapan salam semua agama pada beberapa waktu lalu, kini MUI Jatim mengimbau agar umat Muslim tak mengucapkan selamat bagi mereka yang merayakan hari Natal.

Pada Jumat (20/12) kemarin, MUI Jatim mengimbau agar ucapan selamat itu tak diucapkan umat Muslim. Sekretaris MUI Jatim, Mochammad Yunus, menilai akidah seorang Muslim bisa rusak apabila mengucapkan selamat Natal.

"Ucapan Natal itu kan perayaan lahirnya anak Tuhan, karena itu masuk wilayah akidah," jelas Yunus. "Ketika kita mengucapkan selamat kepada peringatan itu, sama saja kita memberi selamat atas lahirnya putra Tuhan."

Uniknya, imbauan ini rupanya tak berlaku bagi semua umat Muslim. Secara terang-terangan Yunus menyebut seseorang menjadi perkecualian, yakni Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, yang hingga kini juga masih menjabat sebagai Ketua Umum MUI.

"Nah kalau urusan itu, mungkin Pak Wapres punya pertimbangan sebagai pemimpin negara," kata Yunus, dilansir dari Suara. "Sehingga diharuskan mengucapkan selamat Natal."


"Kepemimpinan itu tidak tunggal, tidak perseorangan, ada sekretaris, ada strukturalnya. Kemenag misalnya, ada Binmas agama-agama lain," imbuhnya, memberi saran agar jajaran pemerintah lain bisa memberi ucapan selamat Natal tanpa dikhawatirkan merusak akidah. "Kalau misal dia (Menag) hati-hati, dia akan memerintahkan Binmas agama lain yang merayakan Natal untuk mengucapkan selamat."

Lebih lanjut, Yunus juga meminta agar umat Muslim lebih berhati-hati dalam memaknai toleransi. Umat Muslim, jelas Yunus, diperkenankan saling menghormati dan saling setuju terhadap perbedaan beragama. Toleransi inilah yang Yunus harapkan bisa menekan angka sweeping oleh ormas tertentu ketika Hari Natal.

Imbauan ini pun sukses mengantarkan kata kunci "MUI Jatim" memasuki daftar sepuluh besar trending topic Indonesia. Dipantau pada Sabtu (21/12) pukul 10.49 WIB, kata kunci itu berada di urutan keenam. Kata kunci itu sontak diramaikan dengan berbagai komentar bernada mengejek kepada MUI Jatim, seperti berikut.

MUI Jatim Imbau Umat Islam Tak Ucapkan Selamat Natal, Sosok Ini Perkecualian

Twitter

"Pantas dulu Gus Dur pernah sebut 'MUI taman kanak2', ternyata ya seperti ini cara berpikirnya," cuit @Lad*****bo. "Semakin Kocak saja Mbah² Jenggot Ini,,,Lha trus Bedone Pak Wapres Dengan Masyarakat awam apaan yak???" tambah @riya*******t84. "Setiap bulan Desember di akhir tahun, entah kenapa himbauan sejenis ini selalu di update ulang. #capede." timpal @Br*****ma.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru