Cari Jubir Baru, KPK: Yang Paham Pencegahan, Tak Cuma Penindakan
Nasional

KPK akan mencari juru bicara yang baru. Pasalnya, Febri yang selama ini menjadi jubir ternyata merangkap sebagai Kabiro Humas lembaga antirasuah tersebut.

WowKeren - Komisi Pemberantasan Korupsi berencana untuk mencari juru bicara (jubir) baru. Posisi ini sendiri diketahui telah diisi oleh Febri Diansyah sejak 6 Desember 2016 lalu menggantikan Johan Budi.

Hal tersebut lantas dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango. Jadi selama ini posisi Febri merangkap jubir serta Kepala Biro (Kabiro) Humas KPK. "Mengisi posisi jubir yang selama ini diperankan kabiro humas," kata Nawawi dilansir Kumparan, Minggu (22/12).

Lebih lanjut, Nawawi menjelaskan jika Kabiro humas dan jubir merupakan posisi berbeda. Namun, keduanya saat ini diperankan oleh sosok yang sama yaitu Febri.

Karena itu, KPK akan mencari sosok baru sebagai jubir. "Contohnya di MA (Mahkamah Agung) ada biro hukum humas yang dijabat oleh pejabat tersendiri dan juru bicara yang juga dipercayakan pada pejabat yang lain," ungkapnya.


Untuk kriteria jubir, Nawawi mengatakan akan mencari sosok yang memahami konsep pencegahan, bukan hanya penindakan. "Dan terpenting, jubir yang memahami konten pencegahan, bukan sekedar jubir yang bicara kronologis penindakan melulu," pungkasnya.

Bila merujuk pada Peraturan KPK nomor 286 Tahun 2018, disebutkan bahwa Kabiro Humas dan juru bicara memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Di mana pada Pasal 22 menjelaskan tentang biro humas, disebutkan bahwa biro tersebut ada di bawah dan bertanggung jawab pada Sekretaris Jenderal.

Sedangkan pada Pasal 22 ayat (3) disebutkan bahwa humas memiliki tugas mengelola pelayanan informasi publik, pemberitaan, dan publikasi serta dokumentasi kegiatan KPK. Tugas biro humas juga lebih pada perumusan kebijakan, seperti disebut pada Pasal 22 ayat (4) huruf a: Penyiapan rumusan kebijakan, perencanaan, pengendalian, evaluasi, pengadministrasian, pengamanan kegiatan, pengembangan sistem, prosedur operasi baku dan metode kerja dalam pelaksanaan tugas Biro Humas.

Jubir sendiri langsung bertanggung jawab kepada pimpinan melalui sekretaris jenderal. Jubir juga memilki tugas menyampaikan informasi tentang pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK, dan melaksanakan tugas lain atas perintah dan kebijakan pimpinan.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait