PA 212 Siap Bela Muslim Uighur, Klaim Hadirkan 10 Ribu Massa
Nasional

Selain PA 212, aksi bela muslim Uighur ini juga akan diikuti FPI. Informasi menyebut aksi akan digelar di depan Kedubes Tiongkok pada Jumat (27/12) siang besok.

WowKeren - Isu kekerasan yang konon dialami oleh kaum muslim Uighur di Xinjiang, Tiongkok memang terus menjadi pembicaraan panas terutama di Indonesia. Apalagi kekinian pemerintah menyatakan sikap tak akan ikut campur dalam permasalahan tersebut, yang tentu berujung pada kritikan pedas.

Enggan tinggal diam, sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia pun siap menggelar aksi. Sebelumnya Front Pembela Islam (FPI) menyebut siap menggelar aksi untuk membela muslim Uighur di depan Kedubes Tiongkok.

"Kami dari berbagai ormas Islam mengecam dan mengutuk keras tindakan zalim rezim komunis China terhadap saudara muslim Uighur kita," kata Ketua Umum FPI, Ahmad Sobri Lubis, dalam konferensi persnya di Jakarta Timur, Jumat (20/12). "Dan akan melakukan aksi nasional di depan kedubes China atau Tiongkok pada hari Jumat, 27 Desember 2019, pukul 13.00 WIB, ba'da (setelah) salat Jumat."

Rencana itu pun kembali dibenarkan oleh Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma'arif. Tak main-main, Slamet bahkan menegaskan aksi bela muslim Uighur itu akan berskala besar karena dihadiri oleh sepuluh ribu orang.


"Sepuluh ribuan kurang lebih," ujar Slamet, Kamis (26/12). Slamet menyebut massa akan datang dari berbagai daerah.

Terkait dengan persiapan aksi, Slamet menegaskan bahwa pihaknya telah mengantongi izin dari Polda Metro Jaya. "Surat pemberitahuan sejak Selasa (24/12) sudah diterima Polda Metro Jaya," tutur Slamet seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Dikonfirmasi sebelumnya, Slamet mencatat setidaknya ada 48 ormas yang akan mengikuti aksi. Slamet juga berjanji aksi bela muslim Uighur ini akan berjalan damai karena merupakan bagian dari kegiatan kemanusiaan.

"(Ada) 48 yang akan ikut masuk aksi kemanusiaan. Insya Allah dalam waktu dekat akan terus bertambah," tuturnya. "Dan insya Allah kami semua menargetkan depan Kedubes penuh umat yang bela saudaranya di sana."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait