Din Syamsuddin Bongkar Utang BPJS Kesehatan ke Muhammadiyah Capai Rp1,2 Triliun
Nasional

Hal tersebut diungkapkan oleh Din Syamsuddin kala memberi sambutan di Milad ke-61 Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Launching Count Down Menuju Muktamar, di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (28/12).

WowKeren - Muhammadiyah sempat mengungkit utang yang dimiliki pemerintah terhadap ormas Islam tersebut. Menurut mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, BPJS Kesehatan memiliki utang ke Muhammadiyah sebesar Rp1,2 triliun.

Din menjelaskan bahwa utang tersebut adalah tunggakan tanggungan BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit milik Muhammadiyah. Hal tersebut diungkapkan oleh Din kala memberi sambutan di Milad ke-61 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Launching Count Down Menuju Muktamar, di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (28/12). Video Din tersebut diunggah ke kanal YouTube milik Muhammadiyah "tvMu Channel" pada Minggu (29/12).

"Saya mendapat banyak penyampaian, apakah betul Muhammadiyah berpiutang pada pemerintah, khususnya BPJS. Setelah saya tanya beberapa Ketua PWM, angkanya bukan yang beredar di DPR hanya Rp350 miliar," ujar Din dalam video tersebut. "Secara keseluruhan Rp1,2 triliun. Itu hak Muhammadiyah."

Lebih lanjut, Din menyebut bahwa Muhammadiyah tak pernah ngotot menagih utang yang menjadi hak mereka tersebut. Meski, tutur Din, Muhammadiyah memang tetap membutuhkan uang tersebut.


"Saya amati sebagai ketua ranting Muhammadiyah, pimpinan Pusat Muhammadiyah, pimpinan Wilayah Muhammadiyah dimana banyak rumah sakit tidak terlalu menggebu-gebu menagih kepada pemerintah," lanjut Din. "Walaupun saya tahu Muhammadiyah perlu uang itu."

Selain itu, Din juga menyebut bahwa Muhammadiyah berprinsip untuk memberi dan melayani, bukan meminta. "Itulah Muhammadiyah, Muhammadiyah memberi dan melayani, bukan meminta," tutur Din.

Pernyataan Din ini lantas menjadi bahan perbincangan warganet. Banyak yang memuji keteguhan nilai yang ditunjukkan oleh Muhammadiyah.

"Masya Allah .. Kagum dengan keteguhan nilai-nilai yg dipegang Muhammadiyah. Beginilah seharusnya ormas Islam melayani dan memberi bukan meminta," komentar akun @4s***01. "Muhammadiyah itu memberi dan melayani, bukan meminta, apalagi mengemis-ngemis #piutangMuhammdiyah," timpal akun @Ai***Fa.

"Prof Din Syamsuddin: Utang BPJS ke Muhammadiyah Rp 1.2 T. Itu Hak Muhammadiyah yg harus di bayar Pemerintah. Tapi Muhammadiyah tidak menggebu2 menagih ke Pemerintah. Muhammadiyah memberi dan melayani, bukan meminta apalagi mengemis2. Narasi yg menohok! Salut buat Muhammadiyah!" tulis akun @MT***rn. "Inilah yg membuat sy bangga dan kagum pd Ormas @muhammadiyah ternyata BPJS yg berhutang 1.5 T bukan 300 M dan tdk pernah ngemis, Subhannallah," komentar akun @de***69.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait