Pipa PDAM Bocor, Jalan Raya Daan Mogot Ambles 2 Meter
Nasional

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Jakarta Kementerian PUPR, Hari Suki Setiono mengungkap bahwa penyebab kebocoran pipa dikarenakan faktor usia sehingga berkarat.

WowKeren - Insiden jalan ambles kembali terjadi, kali ini di Jalan Daan Mogot di dekat SDN Inpres Tanah Tinggi Kota Tangerang pada Minggu (12/1). Aspal jalan ambles sedalam 2 meter. Adapun penyebabnya diduga karena adanya kebocoran pada pipa PDAM.

Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Jakarta Kementerian PUPR, Hari Suki Setiono. Hari menjelaskan bahwa ada juga kemungkinan kebocoran tersebut sudah terjadi sejak lama namun tidak ketahuan.

"Jalan Daan Mogot ambles karena disebabkan adanya pipa PDAM yang bocor," jelas Hari di lokasi, minggu (12/1). "Yang juga karena mungkin sudah terjadi lama tetapi tidak ketahuan."

Lebih lanjut, ia menduga bahwa kebocoran tersebut terjadi karena faktor usia pipa. Pipa PDAM yang berusia cukup lama membuatnya berkarat. Oleh sebab itu, langkah cepat segera dilakukan dengan merelokasi pipa.


"Sekarang kita langsung bongkar kita minta PDAM langsung direlokasi pipanya," terangnya. "Nanti setelah direlokasi langsung buat yang dengan gorong-gorong beton."

Untuk melakukan pembongkaran, satu unit ekskavator juga telah dikerahkan. Insiden tersebut menyebabkan lubang jalan dengan diameter 2,5 meter sedalam 2 meter. Sehingga perbaikannya pun dianggap cukup memakan waktu.

Hari memperkirakan bahwa perbaikan itu akan selesai dalam waktu sekitar satu minggu. Jalan tersebut harus segera dinormalkan kembali karena merupakan jalur nasional. "Ini satu minggu kita harapkan sudah mulus lagi dan jalan aspal sudah dua arah. Karena ini jalan nasional," ucapnya.

Dilansir Kumparan, akibat adanya perbaikan ini menyebabkan kemacetan lalu lintas yang cukup panjang. Sekitar Minggu sore, kemacetan mencapai sekitar dua kilometer di Jalan Daan Mogot arah Tangerang.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait