Telkomsel Resmi Punya Dirut Anyar, Dituntut Untuk Berani Coba Bisnis Baru
Nasional

Setyanto Hantoro dipercaya untuk menggantikan Dirut Telkomsel sebelumnya, Emma Sri Martini, yang kini ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Direktur Keuangan Pertamina.

WowKeren - Setyanto Hantoro telah resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Telkomsel dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang digelar Jumat (10/1) pekan lalu. Telkomsel sendiri baru mengumumkan kabar tersebut pada Senin (13/1) hari ini.

Setyanto dipercaya untuk menggantikan Dirut Telkomsel sebelumnya, Emma Sri Martini. Diketahui, Emma meninggalkan jabatannya pada November 2019 lalu usai ditunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai Direktur Keuangan Pertamina.


Prediksi yang sebelumnya beredar memperkirakan Dirut baru Telkomsel akan diisi oleh Heri Supriadi. Heri sendiri sebelumnya telah dipercaya untuk mengemban peran Acting CEO Telkomsel. Prediksi ini pun patah seiring dengan pengangkatan Setyanto sebagai Dirut.

Dalam RUPS pekan lalu tersebut, Telkomsel juga turut menunjuk Direktur Network baru. Posisi tersebut kini ditempati oleh Venusiana Papasi.

"Pengangkatan Direktur Utama dan Direktur Network Telkomsel yang baru ini dilakukan sejalan dengan strategi perusahaan dalam melanjutkan transformasi perusahaan menjadi telco digital company yang siap mengakselerasikan negeri," tutur VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, dilansir Kumparan pada Senin (13/1). "Dengan menghadirkan pemanfaatan teknologi hingga penjuru negeri."

Sementara itu, Setyanto sendiri sebelumnya menjabat sebagai CEO PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) sejak November 2019. Selain itu, ia juga menjadi komisaris di PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) dan Presiden Komisaris PT Jalin Pembayaran Nusantara.

Usai diangkat sebagai nakhoda anyar Telkomsel, Setyanto pun disarankan untuk terus mencari sumber pendanaan baru melalui pengembangan bisnis. Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menyebut bahwa Setyanto tak boleh terlena dan harus berani bereksperimen dengan bisnis baru.

"Menteri BUMN pernah bilang 2030 bisnis telekomunikasi bisa jadi sudah berubah drastis, maka sekarang waktunya mempersiapkan perubahan," pungkas Heru dilansir Bisnis pada Senin (13/1). "Transformasi harus mulai dilakukan."

Tak hanya itu, Setyanto juga diminta agar mengantisipasi perubahan teknologi. Teknologi terbaru harus diperhatikan dan dikembangkan, hingga saat masyarakat siap mengadopsi teknologi tersebut, tak butuh waktu lama bagi Telkomsel untuk menerapkannya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts