Andalkan Teknologi Komputer, Jokowi Ingin Transportasi di Ibu Kota Baru Pakai Kendaraan Otomatis
Instagram/bambangbrodjonegoro
Nasional

Seperti namanya, kendaraan swakemudi atau autonomous vehicle ini bisa beroperasi dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Jokowi ingin ini menjadi moda transportasi massal di ibu kota baru.

WowKeren - Berbagai rencana digulirkan pemerintah dalam pembangunan di lokasi ibu kota baru. Sebut saja salah satunya yang amat penting adalah infrastruktur, termasuk di bidang transportasi.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi ingin agar di lokasi ibu kota nantinya, transportasi yang digunakan adalah jenis transportasi massal berbasis teknologi swakemudi atau autonomous vehicle. Kendaraan ini mampu beroperasi dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Terkait desainnya, hal itu akan menjadi urusan Kementerian Perhubungan serta Kementerian Riset dan Teknologi untuk menentukan.

"Desainnya seperti apa? Tolong ini nantinya Pak Menteri Perhubungan dan Pak Menteri Riset ini berbicara mengenai ini," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (15/1). "Mengenai kesiapan karena infrastruktur kalau kita mau betul-betul siap betul, infrastrukturnya juga diarahkan kepada penggunaan electric vehicle dan autonomous vehicle."


Kendaraan swakemudi sendiri saat ini telah banyak diproduksi oleh perusahaan otomotif di penjuru dunia. Kendaraan ini diprediksi akan populer pada 2020. Namun, kecanggihan yang dibekalkan pada kendaraan yang mengandalkan teknologi keping komputer, sensor, serta sistem seluler ini bukan tanpa kelemahan.

Salah satu risiko yang harus diperhatikan adalah terkait keamanan siber. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Council for Automobile Cyber Hendry Bzeith.

"Konektivitas adalah alasan mengapa ini terjadi," kata Hendry dilansir Okezone, Kamis (16/1). "Sekarang semua elemen harus dirancang dengan mempertimbangkan keamanan siber."

Untuk merealisasikan rencana itu, pemerintah saat ini tengah mencari mitra yang bersedia bekerja sama. Kemenhub akan menyiapkan beberapa tempat untuk kendaraan ini sebagai moda transportasi yang akan diterapkan di ibu kota baru. "Sambil menyelesaikan itu, kita uji coba daripada kendaraan ini," imbuhnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait