Waspada Penyebaran Virus Corona, Kemenkes Siagakan Bandara dan Pelabuhan
Nasional

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiagakan sejumlah rumah sakit, bandara hingga pelabuhan usai menyebarnya Virus Corona yang berasal dari Tiongkok ke sejumlah negara.

WowKeren - Virus Corona saat ini telah menyebar ke beberapa negara seperti, Thailand, Jepang, Korea Selatan, hingga Amerika Serikat (AS). Virus ini sendiri mulanya ditemukan pada pasien yang mengalami pneumonia di Wuhan, Tiongkok.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona tersebut ke Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meningkatkan kesiapan rumah sakit hingga kantor kesehatan pelabuhan di bandara dan sejumlah pelabuhan.

"Kemenkes sudah menyiapkan semua daerah secara berjenjang dari provinsi, kabupaten/kota, rumah sakit, laboratorium, termasuk kantor kesehatan pelabuhan (KKP) yang ada di pintu masuk negara, baik itu dari bandara, pelabuhan maupun pos lintas darat negara," kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes R. Vensya Sitohang, di kantornya, Jakarta, Rabu (22/1).

Lebih lanjut, Direktorat Jenderal Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Ditjen Fasyankes) Kemenkes telah mengingatkan 100 rumah sakit yang sudah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk penyakit infeksi emerging agar membuat kesiapan penanganan. Pihaknya juga menyiapkan 860 set alat pelindung diri, 12.322 masker N95, dan 35 ribu health alert card.


Selain itu, Kemenkes juga mendukung perlindungan terhadap para petugas di pintu masuk negara dari kemungkinan penularan virus tersebut. "Mereka juga harus dilindungi dengan berbagai alat, jangan sampai mereka menjaga negara, tetapi terkontaminasi," katanya.

Kemenkes sendiri telah melakukan pemeriksaan di pintu masuk yang ada penerbangan langsung dari Tiongkok melalui jalur darat, laut dan udara. "Ini logistik sudah siap," katanya.

Di lain sisi, Kepala Subbagian Humas Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Sumatera Utara, Rosario Dorothy Simanjuntak menyatakan pihaknya telah menyiapkan tim medis khusus untuk mengantisipasi wabah ini, yakni Tim PINERE (Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging).

Tim medis tersebut bertugas menerima rujukan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu maupun Pelabuhan Belawan. "Untuk menyikapi adanya kemungkinan rujukan pasien corona virus, kita sudah punya Tim PINERE. Tim ini standby untuk menangani penyakit emerging seperti Mers-CoV, difteri dan lainnya," kata Rosa, di Medan, Rabu (22/1).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait