Angkat Bicara Soal Jiwasraya, SBY Duga Ada Aliran Dana ke Pemilu 2019
Instagram/aniyudhoyono
Nasional

Salah satu spekulasi liar yang beredar soal kasus Jiwasraya adalah adanya dana dari asuransi BUMN itu yang mengalir ke pihak Istana. SBY pun meminta agar dugaan ini diusut tuntas.

WowKeren - Kasus gagal bayar polis asuransi BUMN, Jiwasraya masih menjadi PR besar bagi sejumlah pemangku jabatan di Indonesia. Mulai dari Kejaksaan Agung yang bertanggung jawab mengusut tuntas kasus tersebut, sampai Panitia Kerja DPR RI yang baru beberapa waktu lalu dibentuk.

Di tengah proses penyelesaian kasus itu, beragam spekulasi liar pun berkembang. Termasuk soal isu dana Jiwasraya mengalir ke pihak Istana sampai digunakan untuk kepentingan Pemilihan Umum 2019.

Sebelumnya dugaan ini sudah diredam lewat bantahan dari sejumlah pihak, mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir hingga Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Namun kekinian isu itu kembali mencuat pasca Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengungakapkan kecurigaannya ke muka publik.

Hal ini SBY sampaikan lewat rilis resmi yang diunggah di akun Facebook-nya pada Senin (27/1) kemarin. Purnawirawan jenderal bintang empat itu mengimbau agar ada pengusutan aliran uang dari Jiwasraya untuk kepentingan Pemilu 2019.


"Apakah memang ada uang yang mengalir dan digunakan untuk dana politik (pemilu)?" tulisnya. SBY lantas menjelaskan pentingnya investigasi atas aliran dana tersebut, salah satunya untuk menghentikan berbagai spekulasi liar yang kini berkembang di masyarakat.

"Investigasi ini penting dilakukan untuk menjawab pertanyaan dan praduga kalangan masyarakat bahwa dalam kasus Jiwasraya ini dicurigai ada yang mengalir ke tim sukses Pemilu 2019 yang lalu," kata SBY. "Baik yang mengalir ke partai politik tertentu mau pun tim kandidat presiden."

Kendati demikian, SBY membantah bila pernyataannya ini untuk menjatuhkan Jokowi, atau "membalas" pasca pihaknya kerap dipojokkan atas kasus Jiwasraya. Justru menurut SBY investigasi ini harus dilakukan demi "menyelamatkan" nama Jokowi.

Menurutnya, bila masyarakat sudah mendapatkan jawaban gamblang, spekulasi liar yang berpotensi merusak reputasi pihak tertentu akan berakhir. Imbasnya, nama baik Jokowi pun akan tetap terjaga.

"Saya pribadi tidak yakin kalau Pak Jokowi sempat berpikir agar tim suksesnya mendapatkan keuntungan dari penyimpangan yang terjadi di Jiwasraya tersebut," ujar SBY.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel