Pemprov DKI Tanami Monas Pakai Pohon Pule, Tagar #MisteriPohonMahoni Puncaki Trending Topic
Nasional

Setelah sempat menebang ratusan pohon di sisi selatan Monas, Pemprov DKI kini memilih untuk menghijaukan kembali kawasan tersebut. Sekda DKI, Saefullah, mengaku sudah ada 300 batang pohon yang ditanam.

WowKeren - Proyek revitalisasi Monumen Nasional (Monas) yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diketahui sempat menuai polemik. Setelah sempat menghentikan proyek tersebut secara sementara, Pemprov DKI kini kembali menanam sejumlah pohon di kawasan Monas.

Sebelumnya, Pemprov DKI menebang ratusan pohon yang berada di sisi selatan Monas dalam rangka revitalisasi. Publik pun mempertanyakan langkah tersebut.

Namun kekinian, Pemprov DKI memilih untuk menghijaukan kembali kawasan Monas dengan menanam ratusan pohon. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, sejauh ini sudah ada 300 batang pohon yang ditanam. "Sedang dikerjakan perhari Minggu sore sudah ada 300 lebih di kawasan Monas dan sekitarnya sebagai pohon pengganti," tutur Saefullah dilansir Suara pada Rabu (5/2).

Diketahui, kawasan Monas ditanami oleh pohon baru jenis Pule. "Yang datang kemarin itu Pule, pohon, lumayan besar. Cuma berapa jumlahnya dan di mana saja kemudian akan ditanam saya enggak tahu," terang Kepala Seksi Informasi Unit Pelaksana Teknis Kawasan Monas, Irfal Guci, dilansir CNN Indonesia.


Warganet lantas menyoroti upaya penghijauan ini. Banyak yang menyoroti jenis pohon yang kembali ditanam di Monas.

Para warganet tersebut bertanya-tanya mengapa pohon yang kini ditanam kembali berbeda jenis dengan pohon yang sebelumnya dicabut, yakni Mahoni. Akibatnya, tagar #MisteriPohonMahoni pun memuncaki trending topic Twitter Indonesia pada Rabu (5/2) siang.

Pohon Mahoni

Twitter

"Pohon Mahoni yg tumbuh sehat ditebang diganti pohon pure yg entah dicabut dari mana ? Nebang pohon pake anggaran (Pohonnya ilang). Tanam kena anggaran lagi. Sekalian aja itu tugu Monas dibongkar semua trus dibangun ulang. Demen amat habisin anggaran. #MisteriPohonMahoni," tulis akun @tj***21. "Menang bnyak tuuh. Dpt pujian pendukungnya krn kembali menghijaukan., dpt komisi masuk kantong..wakwak #MisteriPohonMahoni," tambah akun @ta***is.

"Harus nunggu berapa puluh tahun untuk dapat pohon sebesar mahoni yang ditebangi pemprov DKI.... Tolong dong dijawab pohon mahoni nya kemana.... Kalau dijual duit nya kemana? Hobby kok bohong," timpal akun @de***st. "Pohon di Monas ditebang untuk revitalisasi. Diprotes warga. Lalu ditanam pohon lain. Artinya revitalisasinya gagal. Penanaman kembali itu tanda mengakui kesalahan. Sayangnya gak dijelaskan kemana batang pohon-pohon Mahoni yang kemarin ditebang. Misterius. #MisteriPohonMahoni," komentar akun @ek***hi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait